9 Bagian-bagian Bunga Beserta Fungsi dan Gambar Lengkap

by -744 views
Fjb Kaskus

9 Bagian-bagian Bunga Beserta Fungsi dan Gambarnya Lengkap

BAGIAN-BAGIAN BUNGA 

Apakah anda sekalian suka bunga? Bunga jenis apa yang paling anda sukai? Dan apa alasannya anda menyukai bunga tersebut? Didunia ini, terdapat berbagai macam bunga yang sangat indah, beraneka warna, bentuk juga baunya. Kecantikan bunga sangat menarik banyak perhatian manusia, terutama kaum wanita. Bunga juga biasa dijadikan buah tangan, hadiah, symbol acara dan lain sebagainya.

Misalnya bunga mawar putih sebagai lambing ketulusan, mawar merah sebagai lambing asmara yang menggelora, bunga krisan sebagai lambing kematian dan lain sebagainya.

Apakah anda sudah cukup merasa mengenal bung-bunga favorit anda? Bagian-bagian dari bunga dan juga fungsi dari bagian-bagian tersebut.

Artikel kali ini akan membahas mengenai bagian-bagian bunga beserta fungsinya. Dibalik melihat keindahannya, saya berharap anda semua juga tahu benar bagian dan fungsi bagian dari bunga tersebut. Jika anda belum tahu terkait hal ini, tidak ada salahnya menyimak artikel kali ini.

Bagian-bagian Bunga

Salamadian

Bunga merupakan suatu alat perkembangbiakan generatif tumbuhan biji tertutup. Bunga memiliki masing-masing bagiannya dan didalam bagian-bagian bunga tersebut, tentunya memiliki fungsinya masing-masing. Sehingga mengenai bunga ini membutuhkan penjelasan yang luas terkait bagian dan fungsi bunga.

Selain itu, bunga merupakan tanaman hias yang banyak sekali fungsinya. Bunga adalah suatu tunas yang warna, bentuk, dan susunannya di sesuaikan dengan kepentingan tumbuhan yang ada disekitarnya. Bunga juga tanaman hias yang banyak digemari kaum hawa.

Bagian-bagian Bunga Serta Fungsinya

Berkah Khair

Disetiap satu kuntum bunga, didalamnya terdapat banyak sekali bagian, yang bagian tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Umumnya bagian-bagian bunga terdiri dari ; Tangkai, daun, kelopak, mahkota, benang sari, dan putik, lebih detailnya berikut penjelasan setiap bagian bagian bunga dan fungsinya :

  1. Induk Tangkai Bunga

Bahasan pertama kita adalah mengenai induk tangkai bunga atau Rachis Pedunculus. Induk tangkai bunga berfungsi sebagai penopang atau penyangga serta menjadi bagian penghubung antara ranting dengan tangkai. Tangkai adalah bagian pertama dari bunga.

  1. Bagian Tangkai Bunga

Bagian kedua yang akan dibahas adalah tangkai bunga. Tangkai bunga memiliki fungsi yang berbeda dengan induk tangkai bunga. Sederhananya, bagian ini sering sebagai tempat kita untuk memetik bunga.

  1. Dasar Bunga

Dasar bunga atau dengan nama latin receptacle adalah sebuah ujung dari setelah tangkai bunga. Bagian ini memiliki fungsi sebagai tempat tumpuan bagian-bagian bunga yang lainnya.

  1. Daun Pelindung
SemakinIndonesia.com

Daun pelindung atau istilah latinnya brachtea memiliki fungsi utama sebagai tempat tumbuhnya bunga. Daun pelindung juga sebagai pelindung bunga sekaligus bagian bunga yang paling terakhir.

  1. Daun Tangkai Bunga

Bagian yang selanjutnya adalah tangkai bunga atau dengan nama ilmiah brachteola. Fungsi utama dari bagian ini adalah sebagai daun pelindung.

  1. Kelopak Bunga

Kelopak bunga atau sepal adalah salah satu bagian bunga yang memiliki fungsi utama untuk melindungi serta menyelimuti mahkota bunga yang masih dalam posisi kuncup (Belum Mekar). Bagian ini saya rasa adalah bagian yang terpenting dari sebuah bunga.

Saat bunga sudah mekar dengan indahnya, maka bagian kelopak tersebut akan senantiasa ikut membuka dan juga membiarkan bunga tersebut mekar. Ketika bunga terlihat mekar sempurna, kelopak bunga akan membentuk bagian dasar dari sebuah bunga, dengan warna hijau.

  1. Mahkota Bunga
Pixabay

Inti dari bagian bunga yaitu mahkota. Mahkota bunga termasuk bagian luar dari struktur bunga. Mahkota juga terlihat yang paling indah karena memang mahkota memiliki beraneka ragam bentuk dan warna yang sangat enak dipandang, maka dari itu para ahli botani, menyampaikan bahwa mahkota bunga bisa dibilang sebagai perhiasan bunga

Mahkota atau disebut corolla. Jika ada kehadiran serangga yang terlihat menempel pada mahkota, ini membuktikan terjadinya penyerbukan pada bunga tersebut, karena memang pada dasarnya, mahkota ini memiliki salah satu fungsi yakni membantu bunga dalam melakukan proses penyerbukan.

  1. Bagian Benang Sari
Flickr

Benang sari atau yang memiliki bahasa latin stamen merupakan alat kelamin jantan daripada bunga. Benang sari memiliki fungsi utama membantu perkembangbiakan atau reproduksi bunga. Sehingga dengan perkembangbiakan itu nantinya akan dihasilkan sebuah tanaman baru.

Benang sari atau stamen dibagi lagi menjadi 3 bagian utama yang terdiri dari kepala sari (atheral), serbuk sari atau polen dan tangkai sari (filament).

  1. Putik Bunga

Putik atau dengan nama latin pistil adalah alat kelamin betina yang mempunyai fungsi vital sebagai alat perkembangbiakan bunga. Didalam putik terdapat bakal bunga (carpell) dan juga bakal biji (ovalum).

Fungsi-fungsi Bunga

Pinterest

Kita sudah membahas terkait bagian bunga. Selanjutnya kita akan membahas tuntas terkait dengan fungsi-fungsi bunga tersebut. Saya pun sejujurnya sangat mengagumi bunga, tapi kurang tahu mengenai fungsi daripada bunga itu sendiri. Apakah anda semua yang mengaku mengagumi bunga juga tahu benar fungsi daripada bunga itu sendiri? Faktanya ada banyak sekali fungsi bunga, mari kita bahas satu persatu terkait fungsi bunga.

Umumnya ada 5 fungsi bunga, berikut ini adalah fungsi bunga :

  1. Fungsi yang paling utama adalah bunga sebagai alat vital untuk perkembangbiakan
  2. Fungsi bunga kedua adalah untuk menarik serangga agar hinggap dan juga melakukan penyerbukan
  3. Fungsi yang ketiga adalah sebagai wadah atau menyatunya gamet jantan dan juga gamet betina
  4. Fungsi bunga yang keempat adalah untuk menghasilkan sebuah biji
  5. Fungsi bunga terakhir adalah untuk menikmati keindahan bunga oleh manusia

Namun ada juga ilmuwan yang mengelompokkan kembali mengenai fungsi bunga menjadi 2 fungsi lain, selain fungsi diatas diantaranya adalah:

Fungsi Biologis

Berkah Khair

Bunga memiliki sebuah siklus biologis saling memberikan kebutuhan penting untuk keseluruhan tanaman. Fungsi biologis yang ada diantaranya adalah:

  • Berfungsi sebagai daya pikat serangga, artinya adalah Jika ada bunga da nada serangga yang menempel maka secara langsung akan membantu penyerbukan. Proses (perkembangbiakan dengan cara vegetatif).
  • Sebuah tempat bertahan disaat kondisi yang kurang baik. Ada beberapa tanaman yang tidak dapat berkembang di tanah kering, disaat kondisi tersebut tanaman pasti akan berusaha untuk menyesuaikan kondisi tersebut dengan membentuk bunga saat mengalami kekeringan.
  • Berfungsi membantu tanaman melakukan proses perkawinan dan dalam proses penyebukan.

Fungsi Nonbiologis

 

Keystonebsa

Selain fungsi biologis, ada pula fungsi non biologis bunga dan ada pula beberapa fungsi dari non biologis diantaranya adalah:

  • Berfungsi sebagai hiasan sebuah taman yang ada di halaman rumah maupun didalam rumah (Fungsi estetika).
  • Dapat juga sebagai pengusir serangga yang dapat mengganggu anda.
  • Sebagai nektar yang dibutuhkan serangga dan binatang yang lainnya (Ex. Lebah, burung, dan kupu-kupu).
  • Sebagai pewangi ruangan yang dapat membuat suasana ruangan menjadi sejuk dan juga nyaman.

Sekian penjelasan dari kami terkait bagian dan fungsi bunga. Selain kita mengagumi bunga, sekarang kita tahu benar mengenai bagian dan fungsi bunga itu sendiri. Lengkap bukan pengetahuan kita? Dan semoga artikel sederhana ini bermanfaat sebagai bahan pelengkap pengetahuan dan pembelajaran. Kritik dan saran dapat ditambahkan pada kolom komentar, demi lebih sempurnanya artikel-artikel luar biasa selanjutnya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *