9 Ciri-ciri Makhluk Hidup Disertai Gambar dan Penjelasannya Lengkap

46
Techno Okezone

9 Ciri-ciri Makhluk Hidup Disertai Gambar dan Penjelasannya Lengkap


CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP

Kita sudah sering melihat mahluk hidup, seperti manusia, hewan dan juga tumbuhan. Yang jelas terdapat ciri-ciri khusus dimana yang membedakan antara mahluk itu mati ataukah hidup. Lalu apa sajakah ciri-ciri itu? Berikut penjelasan mengenai ciri-ciri makhluk hidup :

  1. Bernapas (Respirasi)
http://tahu-nggak.blogspot.co.id

Ciri-ciri mahluk hidup yang pertama adalah bernafas. Bernafas adalah menghirup oksigen (O2) dan mengeluarkan karbondioksida (CO2). Oksigen diperlukan untuk oksidasi makanan yang menghasilkan energi dan karbon dioksida. Energi berguna untuk menjalankan kegiatan hidup.

Dikategorikan mahluk itu hidup, hanya jika ia bernafas. Manusia, hewan dan tumbuhan juga bernafas.

Oksigen berguna untuk proses metabolism tubuh, lalu menghasilkan energi. Sisa-sisa metabolism berupa karbondioksida (CO2) akan dialirkan ke paru-paru dan dikeluarkan melalui hidung. Oksigen dialirkan ke seluruh tubuh melalui media darah. Sedangkan karbondioksida dialirkan dari seluruh tubuh menuju paru-paru.

Semua mahluk bernafas, namun sistem pernapasan pada setiap makhluk hidup  tidaklah sama. Disesuaikan dengan habitat dan jenis mahluk hidup tersebut. Contoh : Hewan yang hidup didarat seperti Sapi, kuda, rusa dll, ia bernafas menggunakan paru-paru, sedangkan hewan yang hidup di laut seperti ikan bernapas menggunakan insang.

Dan bukan hanya manusia dan hewan yang bernafas, tetapi tumbuhan juga. Tumbuhan membutuhkan udara untuk menghasilkan makanan, seperti halnya manusia. Jadi dapat disimpulkan bahwa mahluk dikatakan hidup, jika ia melakukan respirasi (bernafas).

  1. Bergerak
Vebma.com

Ciri-ciri mahluk hidup yang kedua adalah bergerak. Bergerak adalah berpindahnya sebagian atau seluruh bagian tubuh makhluk hidup karena adanya rangsangan internal atau pun eksternal. Mahluk hidup pasti bergerak. Ia tidak hanya diam didalam satu tempat saja.

Bergeraknya mahluk hidup juga sesuai dengan jenis dan habitatnya. Seperti kuda, ia bergerak dengan berlari, ikan bergerak dengan berenang dan lain sebagainya.

  1. Membutuhkan Makanan atau Nutrisi
http://manfaat-aneka-buah.blogspot.com

Semua mahluk yang hidup pasti membutuhkan makanan dan juga nutrisi. Seperti manusia yang lapar, ia pasti akan makan, karena ia membutuhkan makanan dan nutrisi. Begitu juga dengan hewan, jika ia lapar, ia memiliki naluri untuk berburu dan mencari mangsa. Sedangkan tumbuhan makan dengan cara melakukan proses fotosintesis. Melalui proses tersebut tumbuhan mampu menghasilkan makanan sendiri dengan bantuan cahaya matahari. Selain cahaya matahari, diperlukan juga air dan karbondioksida.

Berdasarkan jenis makanannya hewan dapat dibagi menjadi 3 golongan. Pertama, hewan karnivora atau pemakan daging. Kedua, herbivora adalah hewan pemakan tumbuh-tumbuhan dan hewan omnivora yakni pemakan segala (daging dan tumbuhan).

  1. Tumbuh dan Berkembang

Mahluk hidup dikatakan tumbuh, hanya jika ia bertumbuh. Bertumbuh sendiri adalah bertambahnya jumlah, baik itu tinggi badan, umur, berat badan, umur, tinggi badan dan lain sebagainya, yang itu terjadi pada mahluk hidup.

Jika Manusia, manusia dikatakan tumbuh, jika tubuhnya semakin bertambah tinggi. Perubahan bentuk tubuh  terjadi akibat sel-sel dalam tubuh jumlahnya semakin banyak, sehingga volume tubuh menjadi bertambah. Pertumbuhan tersebut bersifat irreversibel yang artinya jika Anda bertambah tinggi maka tidak akan mungkin kembali menjadi pendek.

Tetapi, pertumbuhan yang terjadi pada manusia dan hewan sifatnya terbatas, artinya kita hanya bisa tumbuh sampai usia tertentu dan setelah itu pertumbuhannya akan terhenti. Sedangkan pertumbuhan pada tumbuhan biasanya tidak memiliki batasan usia, artinya tumbuhan akan selalu tumbuh seumur hidupnya.

  1. Berkembang Biak (Reproduksi)

Lalu berkembang biak. Mahluk hidup juga melalui proses perkembangbiakan. Berkembang biak atau reproduksi  merupakan proses menghasilkan keturunan. Terkadang ada yang bingung membedakan antara pertumbuhan dan perkembangan, pertumbuhan adalah bertambahnya jumlah, baik itu tinggi badan, umur, berat badan, umur, tinggi badan dan lain sebagainya, yang itu terjadi pada mahluk hidu, sedangkan perkembangan adalah bertambahnya keturunan.

Faktanya, Makhluk hidup memiliki dua cara untuk berkembang biak, yakni secara seksual atau generatif dan secara aseksual atau vegetatif.

  1. Peka Terhadap Rangsangan (Iritabilita)

Untuk mempertahankan hidupnya, seluruh makhluk hidup harus bisa menghadapi perubahan lingkungan (peka terhadap rangsang). Contohnya adalah saat ada sesuatu yang mengenai mata kita, sudah barang otomatis mata kita akan berkedip.

Hewan dan manusia memiliki panca indera, yang itu berfungsi sebagai mengetahui adanya rangsangan. Kita diberi tuhan mata untuk melihat, hidung untuk mencium bau, lidah untuk merasa, telinga untuk mendengar, dan kulit sebagai indera peraba.

Tumbuhan pun juga peka terhadap rangsangan, karena ia juga mahluk hidup. Contohnya fotonasti, fotonasti adalah gerakan tumbuhan yang mendekat ke arah datangnya cahaya.

  1. Melakukan Metabolisme

Salah satu ciri mahluk hidup yang lainnya adalah metabolisme. Semua bahan makanan seperti glukosa, asam amino dan asam lemak dapat menjadi sumber energy (ATP). Cara adalah transformasi energi melalui metabolism yang berlangsung didalam sel tubuh. Energi antara lain berguna untuk otot, sekresi, kalenjar, memelihara membrane sel saraf dan sel otot, substansi sel.

  1. Mengeluarkan Zat-zat Sisa (Ekskresi)
Facetofet.com

Ekskresi pasti dilakukan semua mahluk hidup, karena semua makhluk hidup membutuhkan saat untuk mengeluarkan zat sisa yang bisa berbahaya dan meracuni tubuhnya. Organ ekskresi pada manusia terdiri dari paru-paru, kulit, ginjal, dan anus. Paru-paru mengeluarkan zat sisa yang berbentuk gas karbon dioksida dan uap air. Kulit mengeluarkan zat sisa berbentuk keringat yang tersusun atas air, urea, dan garam.

Ginjal mengekskresikan zat sisa berupa urin yang kita keluarkan setiap pagi. Anus adalah bagian akhir dalam sistem pencernaan yang berfungsi untuk mengeluarkan feses. Hewan juga melakukan ekskresi dengan cara yang sama seperti manusia.

Pertanyaannya adalah bagaimana cara tumbuhan mengeluarkan zat-zat sisa? Pengeluaran zat sisa berupa oksigen dilakukan melalui bagian stomata dan lentisel.

  1. Menyesuaikan Diri Terhadap Lingkungannya (Adaptasi)
Prass Academy

Semua mahluk hidup dengan lingkungan baru, pasti akan beradaptasi dengan lingkungan barunya. Contohnya adaptasi hewan adalah adanya berbagai bentuk paruh dan kaki pada burung yang itu ada hubungannya dengan jenis makanan dan tempat ia tinggal.

Contoh adaptasi pada tumbuhan adalah adanya berbagai bentuk macam daun yang dimiliki, yang yang disesuaikan dengan tempat hidupnya. Faktanya memang tumbuhan ada yang hidup di daerah lembap, berair, dan kering.

Adaptasi juga dapat berupa perilaku, seperti kuda nil yang berendam di lumpur ketika sedang kepanasan.

Sudah kita bahas, 9 Ciri-ciri mahluk hidup. Anda sudah tahu kan apa-apa saja yang membedakan mahluk hidup dan mati. Semoga artikel ini akan bermanfaat untuk bahan tugas, pembelajaran maupun pengetahuan anda. Salam.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here