Antisipasi Arus Mudik, Ruas Tol Jakarta-Cikampek Dilengkapi Parking Bay dan BBM Kemasan

139

Cikampek – Menjelang arus mudik Lebara 2017, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) degan membagi dua tim, melakukan inspeksi kesiapan jalur mudik pada jalur Pantai Utara Jawa (Pantura) dan jalur selatan Jawa.


Tim pertama dipimpin Menteri PUPR Basuki Hadimuljoo menelusuri jalur Pantura baik jalan nasional maupun jalan tol sedangkan tim kedua dipimpin Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto melihat kesiapan di jalur selatan Jawa.

Tiba di KM 18 Tol Jakarta-Cikampek sekitar pukul 08.30 WIB, Sabtu (10/6/2017), Menteri Basuki menepi sejenak untuk melihat kesiapan parking bay yang dibangun sebagai tambahan penunjang rest area utama.‎

Basuki meminta ‎pengoperasian parking bay sebagai tempat istirahat sementara harus diatur secara tegas, sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan dan pemudik.

“Peraturan penggunaan parking bay tidak boleh lebih dari satu jam, karena memang bukan untuk tempat istirahat berlama-lama, tapi hanya untuk sebentar saja, untuk pengendara yang membutuhkan toilet setelah itu jalan kembali,” kata Menteri Basuki.

Parking bay KM 18 Jalan Tol Jakarta- Cikampek dibangun dengan kapasitas 70 mobil dan mulai dibangun sejak akhir tahun lalu untuk antisipasi meluapnya jumlah kendaraan yg parkir di rest area Km 19.

Menurutnya, pada saat arus mudik nanti di setiap parking bay akan disiapkan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) menggunakan jerigen dan disediakan pos kesehatan bekerja sama dengan rumah sakit terdekat.

Untuk Tol Jakarta menuju Cikampek, terdapat parking bay pada KM 18, 41, dan 59, sedangkan arah sebaliknya ada di KM 33 dan 58.

Pada tol Cipali untuk kedua arah pada KM 78, 153, 133+500, Tol Palikanci 191 +450 dan Tol Pejagan-Pemalang KM 282 +500 pada kedua arah.

Peninjauan parking bay jalur Pantai selatan, dilakukan Dirjen Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto yang berada di KM 41 yang sudah dilengkapi fasilitas seperti mushola dan toilet.

Kementerian PUPR juga telah menyiapkan lintas selatan Jawa dan lintas pantai selatan Jawa (Pansela) yang meskipun jaraknya lebih jauh namun memiliki pemadangan piggiran laut yang indah.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here