Jika Anda tidak memiliki stok produk, dan bingung ingin memulai usaha dari mana? Maka salah satu cara buka toko online yang mudah dilakukan adalah dengan melakukan sistem dropship. Ingin tahu cara buka toko online? Simak informasi berikut.

Dropship adalah model bisnis seperti sistem “MAKELAR”. Dimana Anda mempromosikan produk milik supplier (biasanya produsen / agen) ke calon pembeli potensial. Saat ada pembelian, maka supplier akan mengirimkan produknya ke pembeli atas nama toko Anda.

Dropship ini tidak hanya terbatas pada ranah online saja, tapi dalam ranah offline pun bisa. Misal : Anda melihat di sekeliling rumah ada yang menjual produk fashion, namun belum dijual secara online.
Anda bisa bertanya kepada penjual, “Boleh tidak saya bantu promosikan produknya?” Jika boleh, maka Anda bisa langsung berjualan produk milik tetangga Anda tanpa harus memiliki stok sama sekali.

Contoh lain :

Anda bisa mencari agen / produsen produk secara online, misal Anda mencari produsen fashion di BliBli.com, lalu Anda menjualnya secara online melalui media sosial.

Setelah Anda mendapatkan orderan dari media sosial, Anda tinggal memesan produk tersebut ke produsen yang Anda jalin kerjasama, lalu mengirimnya ke alamat pembeli.

 

Alasan Kenapa Harus Memilih Dropship?

Apa itu Bisnis Dropship dan Apa Itu Dropshipper?

1. Tanpa Modal

Jika Anda memiliki keterbatasan biaya untuk memulai bisnis, salah satu langkah paling tepat adalah dengan menggunakan bisnis dropship. Anda tidak perlu menyetok barang terlebih dahulu. Tinggal hubungi supplier untuk mengadakan kerjasama, lalu jika supplier setuju, Anda bisa langsung mempromosikan produknya ke calon konsumen potensial.

2. Fleksibel

Bisnis dropship ini menghubungkan supplier dengan pembeli, jika dilakukan secara online, maka Anda memiliki kebebasan waktu dan tempat untuk menjual produk supplier.

Anda pun bisa melakukan bisnis dropship ini sebagai sarana menambah pundi rupiah setelah pekerjaan utama Anda.

Baik ibu-ibu rumah tangga maupun karyawan sekalipun, bisnis dropship seringkali dijadikan solusi terbaik sebagai cara menambah nambah penghasilan mereka.

 

3. Banyak Pilihan Produk

Jikalau bisnis pada umumnya, Anda harus melakukan stok produk. Tapi, jika Anda menggunakan sistem dropship, maka Anda memiliki banyak pilihan produk tanpa melakukan stok sama sekali.

Anda tinggal menjalin kerjasama dengan banyak supplier untuk memperoleh produk yang sesuai dengan target market yang Anda targetkan.

Tantangan Menjalani Bisnis Dropship

1. Memilih Produk Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Target Market Anda

Langkah pertama dalam menjalankan bisnis dropship adalah Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang ingin Anda jual?

Biasanya pelaku dropship pertama kali kebingungan untuk memilih produk yang akan dijual. Maka kami berikan tipsnya untuk Anda :

  • Jual produk yang Anda sukai. Misal : Anda memiliki wishlist daftar belanjaan / baju favorit Anda di marketplace, nah Anda bisa jual itu.
    Atau Anda menyukai produk yang orang lain jual di sosmed, Anda bisa jual produk tersebut juga di marketplace atau sosmed Anda juga.
  • Jual produk yang sedang mengalami trend naik. Misal : Menjelang bulan ramadhan, maka umat muslim di Indonesia seringkali membeli produk baju muslim untuk lebaran. Anda bisa memanfaatkan momen tersebut juga.

 

2. Memilih Supplier Yang Tepat

Saat Anda mengetahui produk apa yang hendak di jual, maka langkah selanjutnya adalah, Anda harus mencari supplier yang tepat. Tipsnya adalah :

  • Pilih supplier yang fast response
  • Pilih supplier yang memiliki reputasi tinggi
  • Pilih supplier yang memiliki stok produk yang aman

3. Membangun Reputasi

Setelah melakukan promosi dan penjualan produk, maka tantangan selanjutnya adalah membangun reputasi. Anda mungkin akan membutuhkan waktu yang cukup lama agar para calon konsumen tertarik membeli produk Anda. Oleh karenanya, saat Anda sudah memiliki reputasi yang baik di mata konsumen, maka Anda harus memberikan perlakuan yang spesial juga kepada mereka. Jagalah reputasi Anda agar bisnis yang dilakukan terus stabil naik.

Itulah ulasan mengenai cara buka toko online melalui bisnis dropship, keuntungan dan juga tantangannya. Untuk Anda yang ingin memulai bisnis online maupun