Bappenas Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh 2020

by

PESAT.id – Adanya pandemi virus corona atau Covid-19 menyebabkan adanya penurunan sejumlah aktifitas. Meski begitu, ternyata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa memprediksi adanya pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2020 ini.

Suharso menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak akan mencapai target sebelumnya sebesar 2,3 persen, namun hanya 1 persen. Hal ini disebabkan adanya potensi kontraksi cukup dalam pada triwulan 2 2020 karena wabah corona.

“Saya mencatatkan di bawah 2,3 persen, tapi masih positif karena akan terjadi kontraksi pada triwulan II 2020 yaitu April sampai Juni. Saya pikir di bawah 2,3 persen, bahkan bisa satu persen,” katanya dalam sambutan Rakorbangpus 2020 secara virtual di Jakarta, Selasa.

Meski terjadi kontraksi, Suharso memprediksi perekonomian Indonesia akan mulai membaik pada Juli 2020 tergantung bagaimana langkah yang ditempuh untuk memulihkan ekonomi.

“Juli 2020, mungkin akan lumayan tergantung pada bagaimana pemulihan ekonomi kita,” ujarnya.

Adanya prediksi pertumbuhan yang tidak sesuai dengan target akan membuat pendapatan negara tergerus dan meningkatkan tingkat pengangguran sebesar 4,22 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya.

“Hitungan kita, diperkirakan 2,3 juta sampai 2,8 juta akan terjadi penciptaan lapangan pekerjaan pada 2021 berhadapan dengan pengangguran yang akan bertambah 4,22 juta pada 2020 dibandingkan 2019,” terangnya.

Selain itu, Suharso memperkirakan jumlah penduduk miskin di Indonesia juga akan mengalami peningkatan. Sebelumnya pemerintah menargetkan penurunan angka kemiskinan Indonesia dari 9 persen menjadi 8,5 persen.

“Pada 2020, kita berharap bisa menekannya menjadi 9 persen bahkan 8,5 persen, tetapi mungkin terjadi penambahan. Mudah-mudahan tidak kembali ke dua digit,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *