Cara Ternak/Budidaya Ikan Lele Dumbo di Kolam Terpal

36

Cara Ternak/Budidaya Ikan Lele Dumbo di Kolam Terpal


IKAN LELE

Ikan lele tetap menjadi favorit masyarakat Indonesia, ini dibuktikan dengan selalu rame-nya setiap warung, depot maupun restoran yang menyajikan menu ikan ini sebagai salah satu menu andalannya. Ini membuat para wirausaha atau pembudidaya lele semakin diuntungkan.

Anda pernah mendengar tentang lele dumbo? Atau mungkin sering anda makan sebagai menu andalan? Lele dumbo sangat enak dan mengenyangkan, bagaimana tidak, ukurannya yang sangat besar membuat siapapun yang memakannya, akan kekenyangan dibuatnya.

Selain itu, patil yang terletak pada bagian sirip tidak terlalu tajam, sehingga memudahkan dalam memanennya. Sudah menjadi momok para pemanen mengenai patil lele yang lumayan terasa sakit saat menyerang peternak tapi patil lele dumbo ini tidak tajam seperti lele yang lainnya.

Menurut informasi, lele dumbo ini berasal dari afrika. Kekurangan dari lele ini yakni ia memiliki daging yang lebih lunak jika dibandingkan dengan daging jenis ikan lele lainnya.

Dan lagi, dagingnya mudah hancur saat digoreng. Namun, hal ini bukan menjadi penghalang bagi para peminat jenis lele ini. Buktinya lele dumbo sampai saat ini masih menjadi lele yang paling banyak dicari.

Peluang Budidaya Ikan Lele Dumbo

Buktinya, para penggemar lele dumbo ini sangat banyak. Ini akan membuka peluang bisnis yang semakin menjajikan. Maka dari itu jika anda saat ini sedang memiliki ide bisnis, lele dumbo mungkin bisa menjadi solusi bisnis anda.

Beternak tidak mudah tapi jika kita belajar maka akan semakin terampil dan lama-lama akan jadi gampang. Artikel ini akan membahas tuntas terkait bagaimana cara yang baik dan benar membudidayakan lele dumbo itu sendiri. Tidak ada salahnya anda menyimak, siapa tahunya besoknya anda menjadi peternak lele yang sukses besar.

Ternak/Budidaya Ikan Lele Dumbo yang Baik dan Benar

Segala hal mudah, karena kita tahu benar bagaimana tekniknya. Dalam memulai bisnis ternak/budidaya ikan lele dumbo, ada hal-hal yang harus dikuasai terlebih dahulu.

Pertama, anda harus mencari sumber yang dapat dipercaya dan juga berpengalaman,. Ilmu tersebut meliputi bagaimana memilih bibit ikan yang baik, cara merawat yang baik dan bagaimana cara memberi pakan yang baik dan lain sebagainya.

Anda juga bisa bertanya kepada rekan anda yang telah lebih dulu menjadi peternak lele dumbo, atau juga bisa membaca buku maupun informasi online terkait bagaimana cara beternak dan budidaya ikan lele yang baik dan benar.

Jika sudah banyak terkumpul informasi dan pengetahuan tentang ternak/budidaya lele dumbo, maka langkah yang selanjutnya anda lakukan yaitu menentukan jenis kolam ikannya.

Nah, berikut ini akan menjelaskan teknik atau cara ternak/budidaya jenis ikan ini yang sudah banyak diterapkan oleh para pebisnis ikan lele dumbo yang diambil dari sumber-sumber artikel yang terpercaya. Kebanyakan, para pebisnis ternak/budidaya ikan ini, memulai dengan menentukan kolam ikan yang cocok, yaitu jenis kolam terpal.

Cara Ternak/Budidaya Ikan Lele Dumbo di Kolam Terpal

Kolam terpal saat ini tengah populer. Selain simple, kolam terpal juga lebih murah dan meminimalisir total kerugian, khususnya bagi pemula, yang banyak mengalami kegagalan.

Untuk membuat kolam terpal, pertama-pertama yang harus diperhatikan adalah lokasi dan lahan. Dimana antara kolam terpal yang akan dibuat harus memperhatikan lahan dan lokasi. Selain itu, jumlah benih yang akan disebar juga harus disesuaikan dan diperhatikan. Contohnya, ukuran kolam terpal yang dianjurkan untuk benih sebanyak 100 ekor yaitu 2 x 1 x 0,6 meter.

Sedangkan untuk model pembuatan kolam terpal ada dua cara yang biasa dipakai oleh peternak/pembudidaya lele dumbo. Cara yang pertama membuat kolam terpal pada tanah yang digali. Sedangkan cara yang kedua adalah membuat kolam terpal dengan kerangka dari kayu/bambu sebagai penyangga atau dinding.

Dari kedua model kolam terpal tersebut, yang sering dipakai adalah model yang kedua yaitu kolam terpal dengan kerangka sebagai penyangga/dinding.

Kondisikan Kolam Terpal

Beranijadibos.com

Itu saja belum cukup. Dalam pembuatan kolam terpal, ada pula yang perlu diperhatikan supaya mendukung keberhasilan yang tentu saja maksimal. Sebelum kolam terpal ditebari benih, sebaiknya terpal dicuci terlebih dahulu dengan  cara disikat supaya bau lem dan zat kimia yang masih menempel bisa hilang. Setelah itu, biarkan kolam kering sampai satu hari, jangan diisi dulu sebelum kering satu hari. Kemudian isi kolam terpal dengan air setinggi 30 cm dari permukaan tanah, lalu biarkan air tersebut selama satu minggu.

Selanjutnya siapkan benih yang akan disebar. Namun, jangan langsung dimasukkan ke kolam terpal. Apabila benih yang baru beli dibungkus dengan plastik, maka masukan dulu ke dalam ember yang diisi air terpal. Biarkan sejenak agar benih lele secara perlahan bisa beradaptasi.Ingat, bagaimanapun lele adalah mahluk hidup yang tidak begitu saja nyaman hidup disuatu tempat.

Hal ini dilakukan untuk menghindari benih lele yang kaget dengan lingkungan baru sehingga menyebabkan benih mudah mati. Lele dumbo biasanya akan tumbuh besar dengan baik dan sehat apabila diberi pakan organik.

Nah, tidak susah kan cara beternak dan membudidayakan lele yang baik dan benar? Semoga artikel sederhana ini menginspirasi anda untuk membuat bisnis ini lebih besar dan sukses. Selamat mencoba.

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here