China dan Amerika Berlomba Lakukan Penelitian Misi ke Mars

Robot rover Perseverance
Robot rover Perseverance

PESAT.id – Eksplorasi luar angkasa sudah menjadi perhatian dunia lebih dari setengah abad yang lalu. Sejumlah negara melakukan berbagai usaha, mulai dari peluncuran roket ke bulan hingga mengirim robot ke Mars.

Persaingan antara China dan Amerika juga tampak terjadi pada eksplorasi luar angkasa ini. Keduanya berencana untuk mengirim ekspedisi ke planet Mars tahun ini.

China rencananya akan melakukan misi pertama peluncuran pada musim panas tahun ini. Dalam waktu yang hampir bersamaan Amerika rencananya juga akan meluncurkan mobil robot terbaru ke planet tersebut.

Kedua negara tersebut akan melakukan misi tersebut ketika Bumi dan Mars berada pada posisi terdekat, sehingga pesawat luar angkasa yang diterbangkan dapat melakukan perjalanan lebih cepat. Kondisi ini terjadi setiap sekitar 26 bulan sekali.

Rencananya pesawat luar angkasa Tianwen-1 akan diterbangkan pada Juli atau Agustus mendatang. Bila tidak ada kendala, pesawat luar angkasa itu akan tiba di Mars pada Februari 2021.

Bao Weimin, kepala Komite Sains dan Teknologi dari Korporasi Sains dan Teknologi Antariksa China – perusahaan BUMN China yang mengerjakan proyek-proyek antariksa mengatakan bahwa pesawat Tianwen-1 itu akan membawa sebuah mobil robot atau rover untuk melakukan penelitian dan pengumpulan sampel. Tidak hanya mobil robot, terdapat juga satelit yang akan diterbangkan untuk mengelilingi Mars.

Pada misi di Mars kali ini, China ingin meneliti mengenai air, es, permukaan dan atmosfer planet Mars. Rover China ini rencananya akan beroperasi selama 90 hari di permukaan Mars.

Sedangkan badan antariksa Amerika Serikat (NASA) rencananya akan mengirim pesawat luar angkasa ke Mars pada 17 Juli 2020. Pesawat luar angkasa itu akan membawa mobil robot terbaru, Perseverance yang akan melakukan penelitian lebih lanjut pada permukaan Mars. Robot rover itu diperkirakan akan tiba di permukaan Mars pada 18 Februari.

Mobil robot rover Perseverance ini akan fokus pada penelitian mencari tanda kehidupan di Mars mengumpulkan sampel yang akan dibawa pulang ke Bumi.

Ini bukan pertama kalinya NASA mengirim robot ke Mars. Saat ini bahkan NASA masih memiliki rover Curiosity yang masih melakukan penelitian di planet tersebut.

Pada misi terbaru ini, rover Persevarance rencananya akan beroperasi selama satu tahun di Mars atau sekitar 687 hari di Bumi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here