BERBAGI

Contoh Slogan dan Gambar Poster Terbaik Bertemakan Lingkungan


Poster Bertema Lingkungan

Pada zaman sekarang, kerusakan lingkungan ada dimana-mana. Mulai dari polusi lingkungan, pencemaran air dan lain sebagainya. Masyarakat pun berfikir keras, bagaimana cara mengatasinya. Beberapa orang, menggunakan poster dan slogan untuk melindungi lingkungannya, menjaga kebersihan dan membuat hidup mereka lebih nyaman.

Poster dan slogan dirasa sangat efektif karena menggabungkan antara kreativitas dan pesan sosial. Definisi poster adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf diatas kertas berukuran besar atau kecil. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin.

Sedangkan slogan adalah motto atau frasa yang dipakai pada konteks politik, komersial, agama dan lainnya, sebagai ekspresi sebuah ide atau tujuan yang mudah diingat. Kata slogan sendiri diambil dari istilah dalam bahasa gaelik, sluagh-ghairm yang berarti “teriakan.

Nah, artikel sederhana kali ini akan membahas poster dan slogan lingkungan terbaik. Yang kami kumpulkan, untuk anda sekalian yang sedang mencari referensi terkait poster dan slogan terbaik tentang lingkungan, anda tidak salah menyimak artikel ini sampai akhir.

  1. Slogan dan Poster Bertema Hutan

contohtor.blogspot.com

Gambar ini tanpa tulisan atau kalimat himbauan tapi tahukan kita bahwa gambar diatas menyimpan pesan yang luar biasa. Gambar diatas adalah gambar paru-paru, yang berasal dari hijaunya hutan kita, namun pada bagian sebelah kanan bawah terlihat berwarna coklat dan itu membuat gambar paru-paru tidak utuh lagi. Jadi benar, hutan adalah paru-paru dunia, jagalah ia. Jika ia habis, maka sama saja kita kehilangan paru-paru kita dalam artian mempengaruhi kesehatan kita dan juga masyarakat kita.

alamendah.org

Diatas adalah simbol, lagi-lagi terkait dengan pentingnya pohon dalam kehidupan kita. Bedanya pohon pada gambar diatas adalah merujuk pada perlindungan ekosistem pesisir dan juga perubahan iklim.

informazone.com

Gambar diatas menyimpan banyak pesan yakni hutan kita menyimpan banyak sekali sumber daya alam seperti kayu gaharu, Benang sutera, rotan , madu, nyamplung dan lain sebagainya. Dalam artian jika kita ingin sumber daya alam diatas tetap ada maka kita juga harus menjaga hutan kita.

obatrindu.com

Gambar diatas terdapat tulisan “Think Green” tepat berada dikepala atau otak manusia disertai dengan gambar charger ditengah. Yang artinya adalah kita harus senantiasa berfikir terkait kebersihan lingkungan, lingkungan kota, terlebih tempat tinggal kita, karena itu demi masa depan dan kenyamanan hidup kita dan keluarga sendiri.

karyapemuda.com

Tidakkah anda lucu membaca slogan diatas? “Sayangi pohon, baru pacar”. Bukan kita dihimbau menyayangi pohon baru pacar, tetapi bagaimanapun keadaannya, kita harus menyadari bahwa memang pohon itu penting sekali bagi kehidupan kita. Jika kita tidak menjaga dan menyayangi pohon, maka kita tidak dapat hidup aman dan nyaman dengan pacar kita. Benar bukan?

Poster dan slogan diatas kebanyakan membicarakan terkait hutan, karena memang hutan merupakan paru-paru dunia. Penghasil oksigen terbanyak. Pencegah banjir dan longsor. Selain menyediakan oksigen, hutan juga menjadi tempat tinggal bagi berbagai satwa liar seperti rusa, harimau, badak, gajah, dan binatang-binatang lainnya.

Hutan yang subur adalah indikasi ekosistem lingkungan yang baik. Sebaliknya, hutan yang gundul, akan menjadi sumber bencana bagi kita semua. Poster bertemakan lingkungan, pasti tidak jauh-jauh kaitannya dengan hutan, seperti contoh diatas.

  1. Slogan dan Poster Bertema Pemanasan Global (Global Warming).
http://www.pakmono.com

Gambar diatas menjelaskan tentang apa saja sebenarnya penyebab global warming. Penyebab global warming yang dimaksudkan antara lain : Hutan yang gundul, Pembakaran jerami, Kotoran sapi,GRK (gas rumah kaca) dan masih banyak lagi. Notabene-nya sebab-sebab diatas harus kita kurangi ataupun hilangkan.

http://magnums012.blogspot.co.id

Gambar diatas lagi-lagi menceritakan global warming, dengan gambar bumi yang terlihat kepanasan, berkeringat dan juga beruang kutub, dikutub utara yang mulai kepanasan dengan membawa kipas. Global warming sangat mempengaruhi kadar es dikutub utara, jika es banyak meleleh, maka beruang kutub akan terganggu hidupnya dan permukaan laut juga semakin meninggi.


http://ellapertiwi29.blogspot.co.id

Gambar diatas melambangkan bahwa bumi yang menangis dibawah perumahan dan kota disertai polusi mobil disampingnya. Ini membuktikan bahwa global warming kebanyakan disebabkan oleh aktivitas rumah tangga dan lagi akibat polusi udara yang diakibatkan oleh asap mobil, motor dan lain sebagainya.

http://driwayanti.blogspot.co.id

Gambar diatas seperti monster yang hitam dan besar. Yang disebut sebagai Global Warming monster. Digambarkan bahwa monster global warming mengeluarkan berbagai senjata seperti : Kerusakan Hutan, Asap kendaraan bermotor, polusi industri, gas Freon, pemborosan energi dan sampah plastik. Jadi kalau bisa, kita harus mengurangi dan mengatasi masalah-masalah yang menyebabkan global warming diatas.

Dari poster dan slogan diatas, membuktikan bahwa kita harus meminimalisir aktivitas-aktivitas yang menyebabkan global warming seperti : Penggunaan AC, polusi udara, Limbah ternak dan lain sebagainya.

  1. Slogan dan Poster tentang Membuang Sampah pada Tempatnya

 

ulisan.jimdo.com

Gambar diatas menghimbau kita untuk selalu menjaga kebersihan dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

dimasfan.com

Agak ekstrim ya? Kita sampai disuruh berjanji. Mungkin disekolah ini sangat dihimbau membuang sampah pada tempatnya, hingga ia harus menggunakan kata berjanjilah.


kompasiana.com

Gambar diatas menyuruh kita untuk senantiasa menjaga kebersihan dengan membuang sampah. Dengan membuang sampah ditempatnya, maka akan bahagia. Dimaksudkan bahwa jika kita membuang sampah, maka lingkungan kita akan bersih dan sehat, yang membuat kita semakin bahagia.

http://afiffadhlullahazisartanddesign.blogspot.co.id

Gambar diatas adalah sindiran yang sedikit menyakitkan. Dimana ia mengumpakan berapa lama seseorang sekolah tapi masih saja membuang sampah sembarangan. Harusnya kita malu, karena kita sudah menempuh pendidikan selama itu tapi masih membuang sampah sembarangan. Jangan sampai ya..

http://primordia.faperta.ugm.ac.id

 

Gambar diatas adalah poster namun dikonsep layaknya sebuah komik. Yang menceritakan tentang kebimbangan seorang anak laki-laki terkait bagaimana ia menjaga kebersihan sungai dan agar sungai tidak mudah tercemar. Lalu si anak perempuan menjawab yang intinya jika kamu ingin sungai bersih dan juga tidak tercemar, maka kamu harus membiasakan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan, jangan mandi atau mencuci disungai dan juga menanam pohon didekat sungai.

  1. Poster dan Lingkungan terkait polusi

 

borneochannel.com

Gambar diatas membahas terkait polusi udara, dimana jika kita dan keluarga kita terlalu sering terpapar polusi udara maka akan sangat mempengaruhi kesehatan mereka dan dampak terparah ada kematian (Dilambangkan dengan tengkorak).

 

Nah, itu tadi artikel tentang poster dan juga slogan tentang lingkungan. Semoga bermanfaat bagi anda sekalian dan jangan lupa untuk selalu menjaga bumi kita, menjaga kebersihan lingkungan, jangan membuang sampah sembarangan, kurangi polusi udara dengan sesekali naik transportasi umum dan lain sebagainya. Apapun yang anda lakukan akan sangat berpengaruh terhadap bumi dan juga kesehatan serta kenyamanan kita semua. Salam.

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here