Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik untuk Instansi, Perusahaan atau Organisasi

72
Apakahitu.info

Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik untuk Instansi, Perusahaan atau Organisasi


CONTOH SURAT PENGUNDURAN DIRI

Saat kita resmi menjadi bagian dari sebuah perusahaan, sudah barang otomatis kita tunduk pada syarat dan peraturan yang ada didalam perusahaan tersebut. Selain itu kita juga terikat kontrak yang ada. Namun sebagai manusia yang berakal dan juga berperasaan, tidak melulu kita merasa nyaman dengan perusahaan tersebut. Entah tidak nyaman karena lingkungan kerjanya, rekan kerja, aturan yang terlalu muluk-muluk ataupun yang lainnya.

Namun salah satu hak daripada karyawan tersebut adalah karyawan dapat mengundurkan diri, jika ia memutuskan untuk melakukan hal itu, karyawan tersebut harus memahami benar ketentuan dan konsekuensi jika ia memutuskan untuk mengundurkan diri.

Dan lagi, anda tidak bisa langsung keluar dari perusahaan anda, saat anda memang ingin mengundurkan diri, anda harus melakukan hal misalnya membuat surat pengunduran diri, ini merupakan etika yang paling dasar, yang sebaiknya anda penuhi. Minimal surat pengunduran diri anda, akan membuat perusahaan paham bahwa posisi yang anda tempati akan lowong pada akhirnya, dan perusahaan dapat mempersiapkan karyawan pengganti anda.

Apapun alasan Anda keluar dari perusahaan, sekalipun itu karena tidak nyaman dan sebagainya, usahakan anda mepertahankan nama baik anda dimata perusahaan adalah dengan membuat surat pengunduran diri untuk perusahaan anda.

Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar, tidak salahnya menyimak jika anda sekalian kebetulan membutuhkan informasi ini.

Pengertian Surat Pengunduran Diri

Ikhtisar.com

Sebelum kita mempelajari bagaimana membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar. Langkah pertama adalah kita minimal harus tahu, apa itu sebenarnya surat pengunduran diri.

Ok. Surat pengunduran diri adalah suatu surat resmi yang didalamnya yang didalamnya berisikan pernyataan bahwasanya anda bermaksud mengundurkan diri dari instansi atau perusahaan tempat anda sekalian bekerja, pemerintah ataupun organisasi.

Didalam UU Ketenagakerjaan pun dijelaskan bahwasanya mengundurkan diri dan juga membuat surat pengunduran diri adalah hak setiap karyawan, meskipun ia mundur dari jabatan sebagai seorang karyawan dari perusahaan, instansi, ataupun organisasi.

Beberapa Alasan Pengunduran Diri yang Rasional

GMT Property Management

Setiap orang yang bertindak, pasti memiliki alasan yang rasional. Begitu juga dengan seorang karyawan yang ingin mengundurkan diri dan membuat surat pengunduran diri, ia minimal harus memiliki alasan yang rasional.

Tapi alasan juga perlu dipertimbangkan, saat menuliskan didalam surat pengunduran diri, usahakan alasan yang anda cantumkan merupakan alasan yang rasional, professional dan juga bijaksana. Supaya anda Anda tetap bisa keluar secara baik-baik dari pekerjaan tersebut.

Nah, dengan begitu. Sekarang anda pasti penasaran, alasan resign yang rasional, professional dan bijaksana itu seperti apa? berikut ini adalah ulasan mengenai alasan-alasan resign kerja yang professional dan bijaksana :

  1. Gaji atau upah bulanan yang kurang mencukupi kebutuhan anda
  2. Resign karena ingin lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga maupun pindah rumah
  3. Keinginan untuk melanjutkan belajar, ke jenjang yang lebih tinggi
  4. Anda berniat memulai usaha mandiri
  5. Anda menginginkan profesi atau jabatan yang lebih cocok dengan kualifikasi pendidikan anda sekalian
  6. Perusahaan memiliki jenjang karier yang kurang menarik
  7. Adanya persaingan jenjang karier yang tidak fair diantara rekan kerja
  8. Ada beban kerja yang terlalu berat, yang sulit anda atasi
  9. Anda hamil atau baru melahirkan dan ingin focus mengasuh anak (Untuk ibu-ibu)
  10. Perasaan bosan atau ingin memiliki pengalaman baru
  11. Ada hal-hal yang dirasa kurang sesuai dengan kesepakatan atau kontrak yang dibuat.
  12. Dan masih banyak lagi.

Untuk mengantisipasi alasan yang salah pada surat pengunduran diri yang mungkin akan anda tulis. Berikut ini adalah ulasan mengenai alasan kurang pantas yang sebaiknya dihindari saat anda ingin membuat surat pengunduran diri :

  1. Anda mengaku bahwa memiliki konflik dengan atasan, bawahan, dan sebagainya
  2. Merasa iri dengan karyawan lain yang menurut anda karirnya dinaikkan secara tiba-tiba
  3. Ikut-ikutan teman kerja yang sudah
  4. Alasan cinta ditolak oleh teman kerja.
  5. Ada ketidaksukaan dengan salah satu teman kerja, misalnya si A, apalagi disebut dalam surat.

Setelah Anda mengetahui beberapa alasan yang bijak dan kurang bijak, anda tentu sudah tahu yang mana yang akan anda cantumkan didalam surat dan mana yang tidak.

Maka dari itu, usahakan untuk membuat alasan yang sebijak dan seprofesional mungkin dan jangan sampai menggunakan alasan yang kurang masuk akal dan kurang pantas. Karena hal itu akan mencoreng nama baik Anda.

Manfaat dan Kegunaan

Independent.com.mt

Ada yang penasaran tidak? Buat apa sebenarnya surat pengunduran diri ini dibuat? Kan tinggal keluar dari perusahaan kok harus repot-repot membuat surat pengunduran diri? Bukan begitu?

Tapi faktanya, membuat surat pengunduran diri sangat penting adanya dan sebaiknya anda membuatnya dengan baik dan benar, karena ini sangat mempengaruhi citra dirimu dimata perusahaan. Nah, berikut ini adalah manfaat dan kegunaan dibuatnya surat pengunduran diri :

  • Sebagai sarana untuk memutuskan seluruh syarat dan ketentuan kontrak yang pernah anda sepakati sebelumnya dengan pihak perusahaan.
  • Supaya Anda memberikan kesempatan kepada sebuah instansi atau perusahaan untuk menemukan pengganti sebelum Anda benar-benar keluar.
  • Supaya status seseorang di instansi atau perusahaan leih jelas. Artinya, Anda tidak menggantung dan resmi telah keluar..
  • Selain itu, surat pengunduran diri sangat penting sebagai etika menjaga mana baik Anda supaya tetap menjadi professional dan tetap terjaga kehormatannya.

Format atau Susunan Surat Pengunduran Diri

Motivasinews.com

Surat pengunduran diri sebenarnya sederhana, asal kita tahu benar bagaimana formatnya. Lebih detailnya, berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

  • Pertama, Anda harus mencantumkan waktu dan tanggal surat yang dibuat dan  tempat dimana surat tersebut dibuat. Biasanya bagian ini diletakkan di kanan atas.
  • Lalu, Anda juga wajib mencantumkan nama dan alamat tujuan dari surat anda. Ini biasanya diletakkan di kanan atau kiri atas.
  • Lalu kita menuliskan isi, lanjut kepada isi surat pengunduran diri. Isi surat ini berisi Anda secara resmi memohon pengunduran diri dari jabatan atau pekerjaan yang Anda lakukan di perusahaan yang bersangkutan. Anda pun juga menyampaikan beberapa alasan mengapa mengundurkan diri dan disertai dengan ucapan maaf, terima kasih, serta harapan yang baik terkait instansi tersebut.
  • Tuliskan tanda tangan anda dan juga nama terang.
  • Dan jangan lupa menyertakan materai.

Nah, sekiranya begitu format dari surat pengunduran diri yang ada. Jangan pernah menulis seenaknya, apalagi yang tidak pantas karena setidaknya surat yang anda tulis itu akan menjadi surat terakhir anda, selama anda bekerja di instansi atau perusahaan anda.

Surat Pengunduran Diri Sederhana

Contoh pertama yang akan Anda dapatkan adalah surat pengunduran diri sederhana. Ini untuk anda yang notabene nya terburu-terburu dan tidak suka ribet dalam membuat surat pengunduran diri. Berikut adalah contoh suratnya :

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                           : Aziz Anjasmara

Tempat, Tanggal Lahir    : Lampung, 22 Agustus 1985

Jabatan                         : Kepala Bidang Internal Audit

Secara resmi bermaksud mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Kepala Bidang Internal Audit terhitung sejak 11 Desember 2017. Pengunduran diri ini saya ajukan lantaran kondisi badan yang kurang sehat sehingga tidak memungkinkan lagi untuk mengemban tanggung jawab di posisi tersebut.

Demikian surat permohonan saya, harap menjadi maklum.

Surabaya, 28 Desember 2017

Yang Menyatakan

Aziz Anjasmara

Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan

Jika Anda telah bekerja ditempat lain, yang leih baik, anda harus  tetap membuat surat pengunduran diri secara resmi supaya Anda keluar dari pekerjaan tersebut secara baik-baik dan tidak menimbulkan kesan yang negatif. Berikut ini adalah contoh surat pengunduran diri dari kerja yang bisa dijadikan sebagai acuan :

SURAT PERMOHONAN PENGUNDURAN DIRI

Surabaya, 9 September 2017

Kepada Yth,

Direktur PT Hasyim Abbas

Jl. Pettarani No. 21 Makassar

Dengan Hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya Muhammad Khozin mengajukan surat permohonan pengunduran diri dari karyawan tetap di PT Hasyim Abbas sebagai Kepada Bidang Distribusi sejak tanggal 30 September 2017.

Saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas kesempatan kerja yang telah diberikan oleh PT Hasyim Abbas selama kurang lebih 3 tahun ini.

Saya juga tidak lupa memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran PT Hasyim Abbas apabila selama saya bekerja di perusahaan ini terdapat hal-hal yang kurang baik yang telah saya lakukan.

Harapan saya PT Hasyim Abbas menjadi perusahaan yang akan terus maju dan berkembang serta sukses sebagai perusahaan terbaik di Indonesia.

Hormat Saya,

Muhammad Khozin

 

Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

Membuat surat pengunduran diri memang tidak boleh sembarangan. Anda harus tahu instansi atau organisasi apa yang akan anda diberi surat. Mengundurkan diri sebagai karyawan tentu tidak sama dengan mengundurkan diri sebagai siswa di sekolah atau mengundurkan diri dari organisasi. Berikut adalah contoh surat pengunduran diri dari organisasi yang bisa dijadikan sebagai pegangan :

Kepada Yth.

Bapak Ketua RW 02 Cidea

Di tempat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Muhammad Asrofi (Ketua Remaja Masjid)

Dengan ini menyatakan pengunduran diri saya sebagai ketua Remaja Masjid Periode 2017-2019.

Adapun yang menjadi alasan serta pertimbangan saya dalam permohonan pengunduran diri ini adalah sebagai berikut:

Keinginan bulat saya untuk melanjutkan studi jenjang berikutnya sehingga harus meninggalkan tanah kelahiran

Pada kesempatan ini saya juga tidak lupa menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak ketua RW 02 Cidea serta seluruh rekan pengurus Remaja Masjid An-Nur cidea periode 2017-2019. Saya juga tak lupa memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila selama mengemban amanah dan tanggung jawab sebagai ketua Remaja Masjid terdapat perkataan, sikap, ataupun perbuatan saya yang kurang baik.

Juga saya mohon maaf karena kinerja saya yang kurang maksimal di masa jabatan ini. Semoga Remaja Masjid An-Nur cidea akan menjadi lebih sukses dan maju dengan adanya pemimpin baru yang akan menjalankan roda organisasi setelah ini.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya buat. Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.

Kalimanis, 19 Desember 2017

Ketua Remaja Masjid

Muhammad Asrofi

 

Tips Membuat Surat Resign yang Baik

Tapakrantau.com

Lalu apakah anda tidak bertanya-tanya, dari beberapa contoh diatas. Manakah surat pengunduran diri yang terbaik digunakan. Oleh sebab itu kami akan memaparkan bagaimana sih cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar. Berikut ini adalah tips yang kami maksud :

  • Alangkah baiknya jika isi surat pengunduran diri yang akan anda buat, isinya ringkas dan jelas, tidak berbelit-belit. Tujuan dari tips pertama ini adalah agar pihak perusahaan atau instansi tidak malas membaca surat permohonan pengunduran diri Anda dan bisa memahami dengan jelas maksud anda.
  • Jangan lupa, Anda perlu membuat alasan resign dari perusahaan yang paling logis dan tidak ada unsur mencela atau menghina baik itu mencela karyawan lain di perusahaan anda ataupun mencela instansi atau perusahaan tempat anda bekerja.
  • Jangan ketinggalan, ucapkan terima kasih pada surat pengunduran diri anda, meskipun mungkin anda kecewa terhadap perusahaan tersebut. Setidaknya anda pernah belajar dan memiliki pengalaman bekerja karena perusahaan tersebut.
  • Permintaan maaf juga jangan sampai ketinggalan. Tidak ada orang yang tidak pernah salah, sebaik apapun anda, tanpa anda sadari, anda mungkin pernah berbuat salah ketika bekerja diperusahaan tempat anda bekerja, berbuat salah dengan atasan, rekan ataupun yang lainnya.
  • Sampaikan surat dengan sopan.

Demikianlah ulasan terkait contoh surat pengunduran diri atau resign. Saya harap anda tetap menghargai perusahaan tempat anda bekerja, minimal dengan cara membuat surat pengunduran diri dengan baik dan sopan, agar citra diri anda juga terjaga baiknya dimata perusahaan. Salam sukses.

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here