Helmi Kamal Lubis: DP Pertamina Juga Berinvestasi Pada Usaha Ritel

215

Selain melakukan investasi pada sejumlah industri minyak dan gas, ternyata Dana Pensiun (Dapen) Pertamina juga melakukan investasi pada berbagai bidang lainnya. Tidak hanya pada bidang properti, namun Dapen Pertamina juga mengincar 7 hingga 10 persen saham 7-10% saham PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT), induk usaha Alfamart, Alfamidi, Alfa Express, dan Lawson di Indonesia.


“Kami sudah pernah berbicara dengan pemilik Alfamart, Djoko Susanto. Namun, sepertinya mereka belum beniat melepas. Kemungkinan karena kita ingin beli dalam porsi yang besar. Jadi sekarang posisi kami menunggu saja,” kata Presiden Direktur Dapen Pertamina Helmi Kamal Lubis.

Helmi Kamal Lubis (Kiri)

Dia juga mengatakan bahwa memang Dapen Pertamina juga tertarik untuk melakukan investasi pada perusahaan lain. Mereka juga akan mendekati PT Indomarco Prismatama (Indomaret) milik Grup Salim dan PT Trans Retail Indonesia (Transmart Carrefour) milik Chairul Tanjung.

“Kami ingin memiliki saham pada perusahaan ritel lebih dari 5% supaya kami bisa ikut masuk ke manajemen. Sektor ritel masih sangat prospektif ke depannya,” ujar Helmi.

Dapen Pertamina sebelumnya mendapatkan keuntungan yang cukup tinggi, sekitar 250% selama satu bulan dari kepemilikan 5% saham PT Kresna Graha Investama Tbk (KREN). Perseroan berniat tetap mempertahankan kepemilikan saham tersebut dalam jangka panjang.

Perseroan sendiri jelas Helmi Kamal Lubis membeli saham Kresna senilai total Rp 140 miliar pada Agustus 2015 llau, dan mengalami kenaikan hingga dua setengah kali lipat pada September 2015, menjadi Rp 350 miliar.

“Kami memutuskan membeli saham Kresna, karena kami melihat potensi bisnis mereka ke depan. Pada Agustus, kami mendengar Kresna beniat masuk e-commerce, dan hal itu ternyata terealisasi sekarang,” jelas dia.

Helmi juga menerangkan bahwa mereka tidak hanya di pasar saham, namun juga menempatkan reksa dana pada saham Kresna. Pembelian saham tersebut dilakukan langsung antar perseroan atau tidak melalui agen perantara efek. “Kami akan tetap mempertahankan kepemilikan, karena kami lihat ada peluang harga saham terus menguat,” ujar dia.

Selain itu, salah satu perusahaan start up yang sebagian sahamnya dimiliki Kresna, PT Digital Artha Media (DAM) melakukan kerja sama dengan Dana Pensiun Pertamina untuk penggunaan Mandiri e-cash sebagai alat pembayaran bagi penerima manfaat pensiun. Start up itu sebelumnya telah menandatangani kerja sama promo dengan MatahariMall.com untuk memberikan kemudahan kepada para pelanggan.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here