BERBAGI

Pesat.id – Setelah bencana gempa di Lombok, kini terjadi lagi bencana alam hebat yang melanda Tanah Air. Kali ini bencana alam terjadi di Palu, Sulawesi Selatan, gempa bumi dan tsunami yang menelan ratusan korban jiwa.


Disebutkan gempa pertama berkekuatan 5,9 skala Richter dengan pusat gempa 2 km utara Kota Donggala pada kedalaman 10 km. Di sini, gempa tidak berpotensi tsunami. Sementara gempa sesudahnya pada pukul 17:02 terjadi 27 km timur laut Donggala, atau 80 km barat laut Palu, dan menimbulkan tsunami. Gempa susulan ini berkekuatan lebih besar, 7,7 skala Richter.

Untuk menangani bencana ini, Pemerintah mengatakan menyiapkan dana sebesar Rp 560 miliar. Tercatat sebanyak 2,4 juta penduduk yang terkena dampak bencana gempa bumi dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala.

Dari informasi terbaru, juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, menyebut, jumlah korban terbanyak berada di Palu, yaitu 821 orang. Adapun korban tewas di Donggala mencapai 11 orang. Namun Sutopo mengatakan bahwa jumlah korban diperkirakan akan terus bertambah.

“Kabupaten Donggala, Sigi, dan Parigi Moutong listrik padam, komunikasi tidak intensif. Kta tidak tahu secara pasti bagaimana dampak gempa dan tsunami, bagaimana penanganan. Korban yang diduga tertimbun reruntuhan, masih banyak. Banyak daerah-daerah yang belum terjangkau,” kata Sutopo.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here