Hasil Rapid Test Covid-19, Ratusan Warga Surabaya Dinyatakan Reaktif

by

PESAT.id – Pemkot Surabaya baru saja menggelar rapid test yang diikuti oleh 468 orang. Mereka yang mengikuti rapid test tersebut merupakan warga Rungkut Lor sebanyak 170 orang, RW 02 Kedung Baruk 112 orang dan RW 03 Kedung Baruk sebanyak 149 orang dan 37 warga luar Surabaya.

Hasil rapid test tersebut menunjukkan bahwa sebanyak 188 orang menunjukkan hasil reaktif covid-19. Rinciannya, 74 orang dari Rungkut Lor, 61 orang dari RW 02 Kedung Baruk dan 53 orang dari RW 03 Kedung Baruk.

Kepala BPB Linmas Kota Surabaya, Eddy Christijanto, mengkonfirmasi bahwa memang ada 188 warga Rungkut Lor dan Kedung Baruk, Kecamatan Rungkut, Surabaya dinyatakan reaktif setelah menjalani rapid test.

“Iya betul,” ujar Eddy, Selasa (12/5/2020).

Kemudian mereka yang reaktif akan menjalani tes swab di RS Husada Utama. Untuk tahap pertama ada 74 warga Rungkut Lor yang menjalani tes swab. Mereka diangkut dengan mobil satpol PP menuju RS Husada Utama.

Nantinya, jika hasil tes ada yang positif, maka akan dikarantina di salah satu hotel di Surabaya. Untuk tes swab sendiri tidak dipungut biaya alias gratis. Sebab dibiayai oleh pemkot Surabaya.

Dengan ditemukan 188 warga Rungkut reaktif hasil rapid tes ini, pemkot memberikan arahan supaya setiap RW menjaga wilayahnya secara selektif.

“Kami menghimbau pada warga supaya tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya untuk memutus mata rantai covid-19,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *