Ahli WEB development seperti web developer Jakarta belakangan ini menjadi salah  satu bagian yang banyak diminati masyarakat. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab hampir di semua bidang bakal membutuhkan jenis bidang yang satu ini. Ahli WEB dan juga development ini terbagi menjadi beberapa jenis dan tugas, berkut penjelasannya untuk anda.

jasa pembuatan website jakarta

Jenis dan Tugas dari Ahli Website Development

  1. Front End Developer

Jenis dari WEB dan development ini jumlahnya ada banyak. Pertama ada front end development. Tugas dari web developer front end ini yaitu mendesain antarmuka website. tujuan dari jenis yang satu ini yaitu akan memiliki tampilan yang baik dan juga fitur mudah untuk digunakan pengunjung.

Tugas dan juga tanggung jawab dari bagian front end developer ini harus menguasai tiga hal mulai dari HTML, CSS, Java Script. Pertama HTML, dimana untuk bagian yang satu ini memiliki fungsi untuk membangun struktur halaman pada situs website dan pastinya juga harus memasukkan konten ke bagian dalam halaman seperti paragraf, gambar, dan juga heading.

Tanggung jawab lain yang yang akan dilakukan oleh front end developer lainnya adalah CSS, dimana ini sangat diperlukan untuk menentukan tampilan teks, elemen yang ada dalam website, dan juga tombol. Tugas terakhir, tugas dari jenis ahli WEB development yaitu java script yang berguna untuk membuat konten berubah-ubah dan juga interaktif, mulai dari slider animasi, gambar, dan juga pop up.

  1. Back End Developer

Jenis dan juga tanggung jawab ahli WEB dan juga developer adalah back end developer. Dimana untuk bagian satu ini, ia memiliki tugas dan juga tanggung jawab dalam kaitannya dengan server dalam fungsinya guna mendukung performa website. Tanggung jawab lainnya untuk memastikan agar website ini bisa berjalan dengan cepat dan berfungsi sesuai dengan tujuan penggunaannya.

Dalam menjalankan tugas dan juga tanggung jawabnya, back end developer wajib untuk menguasai berbagai bahasa pemrograman untuk bagian sisi server. Beberapa di antaranya adalah PHP, SQL, dan juga python. Ahli web ini juga harus menguasai bagian framework seperti djago, rails, dan juga codeigniter.

  1. Full Stack Developer

Jenis dari ahli web di designer lainnya adalah full stack developer ia akan memiliki tugas yang harus dilakukan baik front end dan back end sekali waktu. Dengan kata lain, ia harus membuat tampilan dan juga fitur website sambil mengoptimalkan kecepatan dan juga kegunaannya dari berbagai sisi server.

Karena pada dasarnya bagian ini memiliki kemampuan yang lebih lengkap, maka bagian dari full stack developer ia bisa mengerjakan website sendirian. Sehingga tidak jarang, ahli WEB Development seperti yang ada di Webarq.com bisa saja di tunjuk untuk menjadi pemimpin atau pengawas proyek website secara keseluruhan.

Kesimpulan yang bisa diambil dari paparan di atas adalah bahwa ada tiga jenis dan juga tugas dari seorang ahli website development. Ketiga jenis dan juga tugas yang dimaksud antara lain adalah front end developer, back end developer, dan yang terakhir adalah full stack developer.