Apa yang akan anda lakukan ketika mendapati tikus berkeliaran di dalam rumah ? Mungkin anda akan langsung mencari perangkap di tempat jual lem tikus terdekat. Namun sebelum itu, sebaiknya anda kenali jenis jenis tikus yang biasa masuk ke dalam rumah terlebih dahulu. Dengan mengetahui karakternya, anda bisa membasmi hewan pengerat ini dengan lebih mudah.

 

Jenis Jenis Tikus di Dalam Rumah

Kenali Jenis Jenis Tikus yang Biasa Masuk ke Dalam Rumah

  1. Tikus Rumahan

Jenis tikus yang paling banyak ada di dalam rumah tentu tikus rumahan satu ini, yang mempunyai ukuran tubuh sekitar 3 hingga 10 sentimeter. Hewan yang termasuk dalam subsuku murinae ini memang berasal dari Asia, sehingga sangat banyak ditemukan di Indonesia. Hewan ini juga sudah sejak lama menyebar ke daratan Eropa.

Ciri ciri dari tikus rumahan yaitu warnanya cokelat muda atau abu abu, dimana terdapat warna yang jauh lebih terang di bagian perutnya. Umumnya mereka hidup dengan berkelompok, sehingga mengikuti jejaknya bisa membawa anda ke kawanan tikus tersebut. Membasmi mereka di satu tempat tentu akan jauh lebih mudah dilakukan.

 

  1. Tikus yang Menggerogoti Perabotan

Hampir semua tikus memang suka mengasah giginya, sehingga anda perlu segera menyiapkan perangkap dari tempat jual lem tikus untuk membasminya sebelum perabotan anda rusak semua. Namun jenis yang paling suka menggerogoti perabotan anda yakni tikus mencit atau mus musculus. Dan mereka tidak menggerogoti perabotan anda untuk dimakan.

Mencit yang mempunyai tubuh kecil biasanya sering bersembunyi di belakang lemari, sehingga mereka sering menggerogoti bagian lemari untuk membuat sarang. Di samping itu, kegiatan tersebut juga membantu hewan pengerat satu ini untuk mengasah gigi atas serta gigi bawahnya. Agar panjang dari gigi mereka sesuai dengan seharusnya.

 

  1. Tikus Got

Tikus got biasanya tidak banyak yang masuk ke dalam rumah, namun mereka bisa anda temukan dengan mudah di sekitar. Habitatnya adalah selokan selokan yang ada di sekitar rumah anda, jadi tidak menutup kemungkinan mereka bisa masuk ke rumah untuk mencuri makanan. Tikus satu ini memiliki ekor yang pendek dengan tubuh yang jauh lebih tebal.

 

  1. Tikus Atap

Anda juga bisa meletakkan perangkap yang telah dibeli dari tempat jual lem tikus, di bagian atap rumah. Pasalnya ada juga jenis tikus yang suka membuat sarang di bagian atap rumah. Jika dibiarkan tentu akan berbahaya, karena bisa membuat kayu di atap menjadi rapuh. Ciri ciri dari tikus ini yaitu lebih langsing, hidung mancung, serta memiliki telinga yang besar dan tipis.

Itulah beberapa jenis tikus yang biasa masuk ke dalam rumah anda, entah untuk bersarang dan berkembang biak atau hanya sekadar mencuri makanan. Apapun tujuannya, tentu keberadaan dari tikus membuat anda risih. Oleh karena itu, anda bisa memanfaatkan lem tikus Cap Gajah yang memiliki daya rekat ekstra untuk menangkap dan membasmi hewan pengerat tersebut.