Letak Geografis Indonesia dalam Peta Dunia

oleh -984 views

Letak Geografis Indonesia dalam Peta Dunia


LETAK GEOGRAFIS INDONESIA

Apakah anda sekalian sudah tahu betul letak Negara kita jika dilihat dari letak geografisnya? Mungkin ada yang sudah tahu da nada pula yang belum tahu. Setelah membaca artikel ini, jangan sampai kita tidak tahu letak geografis dari Negara kita sendiri Indonesia.

Tahu tidak bahwa Negara kita itu termasuk kedalam Negara kepulauan yang memiliki pulau amat strategis, kenapa strategis? Karena Indonesia jika dilihat dari aspek geografisnya, benar-benar menguntungkan dalam berbagai aspek seperti : aspek ekonomi, komunikasi, sosial, transportasi, pariwisata dan aspek-aspek yang lainnya.

Letak geografis merupakan letak suatu wilayah atau Negara, yang itu sesuai dengan kenyataannya di permukaan bumi dan didasarkan pada keadaan alam sekitarnya.

Pada umumnya, posisi geografis Indonesia ada di antara dua samudera dan dua benua. Berikut penjelasannya :

Terletak di Antara Benua Asia dan Benua Australia

Menurut posisi geografisnya, Indonesia berada tepat di antara 2 benua di dunia yakni benua Asia dan juga Benua Australia.

Posisi tersebut tentu sangat menguntungkan Indonesia, terlebih mengenai lalu lintas perdagangan dunia. Tidak dari segi perdagangan saja, situasi tersebut dapat pula mempengaruhi kondisi iklim serta cuaca di Indonesia.

Hasilnya, Indonesia memiliki iklim laut. Karena terapitnya antara 2 benua tersebut.

Terletak di Antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia

Selain diapit dua benua, Indonesia juga diapit oleh 2 samudra yang paling luas di asia yakni samudra pasifik dan juga samudra hindia, yang itu membuat Indonesia hanya memiliki 2 musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Letak Geografis Indonesia

Sejarahnegara.com

Jika dilihat dari segi geografisnya, Negara kita tercinta memiliki batas-batas wilayah yang itu menjadi patokan seberapa luas sih Negara kita ini. Adapun batas-batas wilayah Indonesia secara geografis, adalah sebagaimana berikut :

  • Bagian Barat Indonesia berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.
  • Bagian Timur Indonesia berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik dan Irian Jaya (Papua).
  • Bagian Utara Indonesia berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik, Selat Malaka, Laut Andaman, Laut Cina Selatan dan Malaysia Timur.
  • Bagian Selatan Indonesia berbatasan dengan Benua Australia, Laut Timor Timur, Samudera Hindia dan Laut Arafura.

Faktor Pendukung

Sama halnya yang telah kita diskusikan sebelumnya bahwasanya Letak geografis indonesia pula dapat diketahui dari beberapa faktor, apa saja faktor-faktornya tersebut.

  1. Letak Astronomis

Letak astronomis merupakan Letak suatu negara atau wilayah yang dapat diamati terhadap garis bujur dan garis lintang astronomisnya.

Sedangkan letak astronomi Indonesia adalah antara 6 derajat LU – 11 derajat LS dan diantara 95 derajat BT – 141 derajat BT. Yang mana wilayah tersebut pada koordinat titik salah satunya ialah Pulau We yang ada pada titik 6 derajat LU, Pulau Roti yang berada di titik 11 derajat LS, ujung Utara Pulau Sumatera di titik 95 derajat BT dan Pulau Merauke yang berada di titik 141 derajat BT.

Adapun diantara pengaruh letak astronomis Indonesia yang telah dijelaskan diatas, Indonesia menjadi termasuk wilayah yang punya curah hujan yang cukup sering mempunyai ekosistem hutan hujan tropis yang bernilai tinggi, mendapatkan sinar matahari dengan durasi cukup lama, tingginya kelembaban udara dan mempunyai tiga daerah waktu yakni waktu Indonesia bagian timur, waktu Indonesia bagian barat dan waktu Indonesia bagian tengah.

  1. Letak Fisiografis

Letak fisiografis adalah posisi suatu wilayah yang dapat diamati menurut segi fisiknya. melalui garis bujur dan garis lintang, jenis-jenis batuan yang ada, letaknya dengan wilayah lain, relief permukaan bumi dan segala hal yang berkaitan mengenai laut.

Yang mana, jika dilihat dari letak fisiografisnya, ada 3 lautan besar yang mengelilingi negara Indonesia dan juga yang menjadi pembatas dari zona laut. Pada bagian Selatan Indonesia berhadapan dengan Samudera Hindia, pada bagian Timur Indonesia berhadapan dengan Samudera Pasifik dan pada bagian Utara Indonesia berhadapan dengan Laut Cina Selatan.

Posisi tersebut yang menjadikan Indonesia mempunyai berbagai keanekaragaman hayati laut yang luar biasa kayanya dan menjadikan indonesia perhatian seluruh dunia.

  1. Letak Geologis

Letak geologis adalah letak wilayah yang dilihat dari faktor kondisi batuan di muka bumi. Ditinjau dari faktor geologisnya, Indonesia berada diantara 2 sirkum, yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania dan juga terletak pada tiga lempeng utama dunia yaitu Lempeng Australia, Pasifik dan Eurasia.

Letaknya tersebut lah yang menjadikan Indonesia termasuk daftar negara yang sering mendapatkan gempa dan sebagian besar gunung-gunungnya adalah gunung api aktif.

  1. Sosial Budaya

Dengan letak Negara kita yang begitu strategis, tentu saja pertukaran budaya didalamnya juga sangat terasa. Terlebih banyak pelancong dunia yang melirik Indonesia, yang akan memunculkan budaya baru, walaupun memang faktanya Negara kita sudah sangat kaya dari segi budayanya.

Demikian artikel terkait letak geografis Indonesia. Sekarang tahu kan letak geografis Indonesia? Beruntunglah kita tinggal di Indonesia dengan posisi Negara yang begitu strategis ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *