Liga Italia 2019-2020 Kembali Digelar 13 Juli

Serie A Liga Italia
Serie A Liga Italia

PESAT.id – Adanya pandemi virus corona menyebabkan berbagai kompetisi olahraga dihentikan sementara, termasuk Seri A Liga Italia. Melihat kondisi pandemi yang mulai stabil, otoritas olahraga Italia memutuskan untuk melanjutkan musim kompetisi 2019-2020 bulan Juli mendatang.

Melalui konferensi antara perwakilan klub peserta dan FIGC, diputuskan kompetisi kembali dilaksanakan pada 13 Juli 2020 mendatang.

Seluruh 20 klub Seri A berkomitmen untuk melanjutkan dan menyelesaikan musim 2019-2020. Terlebih lagi Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte, juga telah memberi lampu hijau. Klub bahkan telah diperbolehkan untuk menggelar latihan secara berkelompok mulai 18 Mei 2020 mendatang.

Meski telah menetapkan kapan kembali digelarnya kompetisi, tanggal tersebut masih harus mendapat persetujuan dari pemerintah. Bila pemerintah menyetujui, maka kompetisi akan kembali bergulir sesuai tanggal yang telah ditetapkan tersebut. Sedangkan, jika tidak, maka klub-klub dan pihak penyelenggara harus mencari tanggal lain.

“Mengenai dimulainya kembali kegiatan olahraga, tanggal 13 Juni untuk dimulainya kembali kejuaraan ditunjukkan, sesuai dengan keputusan pemerintah dan sesuai dengan protokol medis untuk melindungi pemain dan semua profesional,” tulis pernyataan pihak penyelenggara Liga Italia, menyadur dari Eurosport, Kamis (14/5/2020).

Bila kompetisi benar dilanjutkan kembali, kemungkinan besar akan berlangsung tanpa adanya penonton atau secara tertutup. Hal ini dikarenakan pandemi yang belum sepenuhnya berakhir. Sehingga masih sangat mungkin bermunculan kembali korban jika terdapat kerumunan orang yang besar.

Kementerian Kesehatan Italia pun telah mengultimatum. Jika nanti muncul lagi pemain atau staf klub yang terinfeksi Covid-19 ketika kompetisi kembali berlanjut, maka mereka meminta kejuaraan musim ini untuk dibatalkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here