Mantan Presiden Direktur DP Pertamina, Helmi Kamal Lubis Dianggap Berprestasi

170
Gedung Dana Pensiun Pertamina, Helmi Kamal Lubis

Mantan Presiden Direktur Dana Pensiun Pertamina, helmi Kamal Lubis ternyata dianggap berprestasi meski mendapatkan berbagai tantangan kasus yang dihadapinya.


Salah satunya seperti yang dilontarkan oleh Ketua Umum eSPeKaPe, Binsar Effendi, dia mengatakan bahwa saat Helmi Kamal Lubis menjabat sebagai Presdir DP Pertamina pada tahun 2015, dia menaikkan manfaat pensiun Rp 300.000.

“Sejak tahun 2001, saat Pertamina di bawah Dirut Pak Baihaki Hakim yang menaikkan manfaat pensiun Rp. 200.000, sampai tahun 2014 tak pernah ada kenaikan. Saat Helmi Lubis menjadi Presdir DPP tahun 2015, terjadi kenaikan manfaat pensiun Rp 300.000,” ujar eSPeKaPe, Binsar Effendi.

Tidak hanya Binsar, para pimpinan masing-masing organisasi Pensiunan Pertamina juga mengucapkan terima kasih dan dukungan atas prestasi Helmi Kamal Lubis ketika menjabat sebagai President Direktur DP Pertamina, seperti dari Himpunan Purna Karyawan Pertamina (HIMPANA), Solidaritas Pensiunan Karyawan Pertamina (eSeKaPe), Organisasi Perjuangan Pensiunan Pertamina (OP3) dan Forum Komunikasi Pensiunan Pertamina Bersatu (FKPPB).

Strategi yang dan kebijakan yang dilaksanakan M. Helmi Kamal Lubis dalam merombak portofolio penempatan investasi pada tahun 2015 lalu memang terlihat memiliki hasil yang positif.

“Kami meyakini, dengan perubahan strategi saham, maka posisi imbal hasil yang diperoleh DPP akan lebih tinggi dari capaian saat ini,” ucap Binsar.

Selama menjalankan tugasnya dalam masa jabatannya, Helmi Kamal Lubis memang melaksanakan investasi yang agresif dalam berbagai bidang, mulai dari industri minyak dan gas di Tanah Air, bidang properti hingga bisnis retail.

Para pengurus DP di bawah M. Helmi Kamal Lubis bekerja berdasarkan UU 11/1992 tentang Dana Pensiun beserta Peraturan Pelaksanaan lainnya, Peraturan DPP dan Arahan Investasi yang telah ditetapkan oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero) selaku Pendiri. Tidak hanya presiden direktur saja, para pengurus juga berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada para pensiun dengan membayarkan Manfaat Pensiun tepat kepada yang berhak, tepat jumlah dan tepat waktu.

“Pengelolaan portofolio investasi DPP senantiasa dilakukan sesuai ketentuan dan berhati-hati (prudent) dengan tetap berupaya mendapatkan hasil investasi yang optimal,” ujar Sekjen FKPPB, D. Sembiring.

Selain karena menjalankan strategi agresif dalam berinvestasi, kinerja baik DPP kala itu juga tak lepas dari membaiknya kondisi investasi di Indonesia. Terlihat dari peningkatan tingkat pengembalian investasi (Return on Investment) DP Pertamina hingga 20 persen.

“M. Helmi Kamal Lubis membawa investasi DPP masuk ke saham-saham mid cap yang dikuasai DPP,” tambah Binsar Effendi.

Memang strategi investasi DP Pertamina itu terbilang lebih berani dibandingkan dengan dana pensiun lainnya, yang biasanya konservatif. Karena itu juga, DPP melakukan pelebaran sayap dalam menambah usaha yang dimiliki. Salah satunya adalah dengan menggandeng Bank Pembangunan Islam (IDB) mendirikan manajer investasi.

“Tidak ada Presdir DPP sebelumnya yang berprestasi cemerlang seperti yang ditorehkan oleh M. Helmi Kamal Lubis. Padahal beliau adalah orang luar dan bukan dari internal pejabat PT Pertamina,” ujar Ketua Umum OP3, Samuel Parentean.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here