Mudik 2018, Jakarta-Surabaya Bisa Langsung Lewat Tol

105
Iluatrasi Gerbang Tol Trans Jawa
Iluatrasi Gerbang Tol Trans Jawa

Mulai akhir 2018, perjalanan mudik sepanjang dari Jakarta ke Surabaya akan dapat dilalui langsung menggunakan jalan tol. Pasalnya, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tengah mempersiapkan jalan arteri nasional maupun tol untuk menghadapi arus mudik lebaran tahun ini.


Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta hingga Surabaya bisa digunakan untuk mudik Lebaran tahun 2018, dengan catatan sebagian ruas sudah beroperasi dan sebagian dapat dilewati dengan status fungsional.

“Kalau akhir 2018, tol dari Jakarta sampai Surabaya sudah operasional. Tetapi untuk mudik, beberapa ruas tol masih fungsional, namun bukan darurat,” kata Basuki dalam keterangan tertulis, Jumat (9/3).

Terkait hal pembebesan lahan, menurut Basuki prosesnya sudah hampir diatas 90%. Tantangan dalam pembangunan masih pada percepatan pekerjaan yang tetap menjaga kualitas sesuai dengan SOP (Standar Operasi Prosedur). Basuki menambahkan bahwa kondisi jalan tol fungsional tahun ini diklaim akan lebih baik dari tahu lalu yang masih dalam kondisi darurat.

Gambar Jaringan Tol Trans Jawa Jakarta-Surabaya

“Tahun lalu dalam kondisi darurat dengan jalan berdebu, sebagian lean concrete (lantai kerja) dan sebagian masih perkerasan. Tahun ini insyaAllah sudah dibeton (rigid) dan untuk lapisan tanah yang lunak atau fleksibel kita lapis dengan aspal,” ujarnya.

Untuk mudik 2018, tol trans Jawa hingga ke Surabaya terdapat dua titik kritis sebagai penyambung. Yaitu pada lokasi pembangunan Jembatan Kali Kuto sepanjang 160 meter yang berada di ruas Tol Batang-Semarang dan Jembatan Kenteng sepanjang 496 meter di ruas Tol Semarang-Solo.

“Untuk ruas Tol Batang-Semarang titik kritisnya ada di Jembatan Kali Kuto. Akhir Maret 2018, pekerjaan konstruksi di bagian bawah jembatan akan selesai. Kemudian baru kita pasang girder dan pelat baja untuk jembatan, mudah-mudahan bulan Mei sudah bisa terpasang dan sebelum mudik sudah bisa dilewati,” tuturnya.

Dengan selesainya Jembatan Kali Kuto diharapkan pemudik dapat melalui ruas ini hingga keluar di exit Krapyak, Semarang Barat yang menjadi akhir dari ruas Batang-Semarang. Tahun lalu ruas tol ini difungsikan secara darurat hingga Gringsing, Kabupaten Kendal.

Tol lainnya yang akan beroperasi yakni dari Pejagan hingga Gandulan, Pemalang sepanjang 5,5 km akan beroperasi pada bulan Mei 2018. Untuk seksi 1 dan 2 telah dioperasikan hingga Brebes Timur. Sementara seksi 3 dan 4, progresnya saat ini secara keseluruhan mencapai 92,45%


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here