Niat Puasa Senin Kamis Beserta Manfaat dan Keutamaanya

38
Abiummi.com

PUASA SENIN KAMIS


Salah satu puasa sunnah yaitu puasa senin kamis. Seperti artian sunnah yang sebenarnya bahwasanya jika dikerjakan tentu akan mendapat pahal dan apabila ditinggalkan, tidak akan berdosa.

Allah SWT tidak pernah menganjurkan suatu perbuatan kecuali perbuatan tersebut menyimpan banyak hikmah dan juga manfaat didalamnya, begitu juga puasa senin kamis. Bisa dipastikan bahwasanya orang yang menjalankan puasa senin kamis, akan mendapatkan manfaat kesehatan, spiritual, kedamaian psikologis dan lain sebagainya. Dipercaya juga bahwa puasa senin kamis akan dapat meningkatkan kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan juga kecerdasan spiritual (SQ).

Karena puasa senin kamis juga dilakukan oleh nabi Muhammad SAW, tentu saja jika kita melakukan ibadah sunnah ini dengan baik dan benar, maka akan benar-benar mendapatkan manfaat yang luar biasa.

Niat Puasa Senin Kamis

Abiummi.com

Setiap amal, tergantung niatnya. Bisa jadi bernilai pahala dan bisa pula bernilai dosa. Disinilah pentingnya niat dalam hati seseorang, sebelum ia benar-benar menjalankan ibadah tersebut. Niat  (dari bahasa Arab: نية Niyyat) yang artinya keinginan dalam hati seorang manusia untuk melakukan suatu tindakan yang ditujukan hanya kepada Allah semata.

Begitu juga saat kita menjalankan puasa senin kamis, alangkah baiknya langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menata niat kita kembali, hanya untuk beribadah dan mencari ridho Alloh, jangan sampai keluar dari niat tersebut.

Tulisan Arab, Latin, dan Arti Niat Puasa Senin Kamis

Doapress (Dimasandrew)

Niat puasa senin kamis ini lafadz nya disesuaikan dengan kapan puasa sunnah tersebut akan dilaksanakan, karena terdapat perbedaan antara kata-kata hari yang berada pada bacaan niat puasa senin kamis tersebut. Agar lebih jelas, maka perhatikan paparan niat puasa senin kamis dibawah ini.

Bacaan Niat Puasa Senin

Berikut ini adalah niat puasa hari senin beserta tulisan latin dan juga artinya :

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Tulisan latin : NAWAITU SHOUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAL LILLAAHI TA’AALA

Artinya: Saya berniat puasa sunnah hari senin karena Allah Ta’ala

Bacaan Niat Puasa Kamis

Dan berikut bacaan niat puasa hari kamis beserta tulisan latin berikut artinya :

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Tulisan latin : NAWAITU SHOUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAL LILLAAHI TA’AALA

Artinya: Saya berniat puasa sunnah hari kamis karena Allah Ta’ala

Waktu Melaksanakan Niat Puasa Senin Kamis

Jika diambil dari 2 pandangan ulama’, maka waktu melaksanakan puasa senin kamis adalah :

Menurut ulama’ pertama, beliau menyatakan bahwa niat puasa sunnah wajib dilaksanakan sebelum saat waktu subuh. Sedangkan pendapat ulama kedua menyatakan bahwa boleh dilaksanakan pada siang hari. Lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini :

Puasa Senin Kamis, boleh berniat puasa senin kamis

Ternyata, ada cara mudah untuk menjalankan puasa senin kamis, yakni diperbolehkan berniat diwaktu siang hari. Kita mengacu pada pada sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah Radhiallahu ‘Anha. Berikut bunyi hadist yang menjadi dasar diperbolehkannya berniat puasa sunnah senin kamis dilakukan ketika siang hari.

عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ قَالَتْ دَخَلَ عَلَيَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ يَوْمٍ فَقَالَ هَلْ عِنْدَكُمْ شَيْءٌ فَقُلْنَا لَا قَالَ فَإِنِّي إِذَنْ صَائِمٌ

Artinya: Dari Aisyah Ummil Mu’mimiinin, berkata: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam pernah mendatangi aku pada suatu hari, Kemudian Beliau bertanya: Apakah kamu mempunyai sesuatu? Kami menjawab: Tidak, Kemudian beliau berkata: Apabila seperti itu, saya puasa saja.

Misalnya seorang musafir yang bepergian dihari senin siang hari dan ia belum memakan apapun, jika ia ingin. Ia boleh meniatkan dirinya pada saat tersebut untuk puasa sunnah hari senin. Jika menurut pendapat ini, si musafir ini diperbolehkan menjalankan puasa sunnahnya.

Wajib Berniat Sebelum Waktu Subuh

Namun, ada juga pendapat yang bertentangan dengan pendapat diatas bahwasanya niat puasa senin kamis harus dilaksanakan sebelum subuh. Pendapat ini berasal dari mazhab maliki. Pendapat tersebut didasari oleh sabda Rasullullah Shollallahu Alaihi Wa Sallam

عَنْ حَفْصَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلَا صِيَامَ لَهُ

Artinya: Dari Hafsah Ummil Mu’miniin, sesungguhnya Nabi Shollallahu Alaihi wa Sallam berkata: Siapa yang tidak berniat puasa sebelum subuh maka tidak ada puasa baginya.

Jadi, menurut pendapat ini bahwasanya seseorang tidak diperbolehkan melaksanakan senin kamis jika belum berniat puasa senin kamis sebelum masuk waktu subuh

Jika studi kasus di atas, si musafir tidak diperbolehkan melakukan niat puasa senin kamis dan melaksanakan puasa sunnah senin kamis jika memang ia baru mulai berniat pada siang hari.

Manfaat Puasa Senin Kamis

Okezone Lifestyle

Okezone lifestyle

Ok, definisi, niat, dan kapan melaksanakan puasa senin kamis sudah dipaparkan. Kita sekarang akan membahas manfaatnya.

Berikut beberapa hikmah dan keutamaan yang didapatkan oleh orang-orang beriman yang gemar melakukan puasa senin kamis :

  1. Kejiwaan menjadi stabil
  2. Melatih diri untuk menghindari dosa dihari puasanya tersebut
  3. Bisa meningkat amalan lainnya
  4. Melatih diri agar lebih disiplin
  5. Terhindar dari godaan syetan (Bisa menekan nafsunya)
  6. Melembutkan hati dan meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT
  7. Berpengaruh besar kepada kesehatan tubuh
  8. Kunci sukses dunia
  9. Cara mendapatkan jodoh
  10. Mengencangkan kulit
  11. Menurunkan tekanan darah tinggi
  12. Menurunkan Kolesterol
  13. Meremajakan Sel
  14. Pintu-pintu surga dibuka pada hari senin-kamis
  15. Dibukakan pintu “Ar-Rayyan
  16. Dan masih banyak lagi.

Namun jangan lupa, eutamaan-keutamaan di atas didapatkan oleh orang yang menjalankan ibadah puasa baik yang wajib ataupun sunnah. Tetaplah menjalankan dan menyempurnakan ibadah wajib kita disamping menjalankan ibadah sunnah. Hadist yang menjadi landasan dari beberapa keutamaan di atas adalah sebagai berikut :

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

Artinya: Segala perbuatan kebaikan yang dijalankan oleh manusia bakal dilipatgandakan dengan 10 kebaikan yang seperti itu sampai 700 kali lipat. Allah Ta’aala berfirman: Kecuali ibadah puasa. Ibadah puas itu adalah untuk Aku. Aku sendiri yang bakal membalasnya. Dikarenakan ia sudah mengabaikan syahwat dan makan sebab Aku. Untuk orang yang melaksanakan puasa akan memperoleh 2 kebahagian yakni kebahagiaan sewaktu ia berbuka dan kebahagiaan sewaktu bertemu dengan Tuhannya. Dan sungguh aroma mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah dibandingkan wangi minyak kasturi.

Semoga artikel ini akan senantiasa meningkatkan motivasi anda sekalian, untuk menjalan puasa dengan penuh manfaat dan keutamaan yang luar biasa yakni puasa senin kamis. Semoga menambah wawasan anda sekalian. Selamat berpuasa senin-kamis.

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here