Niat shalat Tahajud Beserta Tata Cara, Keutamaan, dan Keistimewaan, Lengkap

34

Niat shalat Tahajud Beserta Tata Cara, Keutamaan, dan Keistimewaan, Lengkap


NIAT Shalat TAHAJUD

Salah satu shalat sunnah yang memiliki manfaat luar biasa adalah shalat tahajjud atau juga bisa disebut shalat lail atau shalat malam. shalat ini dilakukan, saat orang-orang lainnya terlelap dalam tidurnya dan dalam heningnya malam.

Mengapa shalat tahajjud memiliki banyak keutamaan dan banyak pahalanya? Karena mengingat sholat tahajjud berat dan juga susah dalam menjalankannya. Saat banyak orang yang tertidur pulas, anda bangun, mengambil air wudlu dan menjalankan shalat tahajjud.

Sedangkan menurut pembagian waktunya, shalat tahajud dibagi menjadi 3 waktu diantaranya :

  1. Sepertiga malam (Pkl. 19.00 s/d 22.00),
  2. Sepertiga kedua (Pkl. 22.00 s/d 01.00)
  3. Sepertiga ketiga (Kira-kira dari jam 01.00 s/d masuknya waktu subuh)

Tata Cara shalat Tahajud

Pada dasarnya, tata cara menjalankan shalat tahajud hampir sama dengan tata cara shalat – shalat menjalankan yang lainnya yakni dimulai dengan membaca niat dan juga diakhiri dengan salam, namun terdapat beberapa perbedaan dalam pelaksanaannya seperti :

  1. Diawali dengan membaca niat, penuh kekhusukan
  2. Mengucapkan takbir “Allahu Akbar” dengan mengangkat kedua tangan keatas, seperti sholat pada umumnya beserta membaca bacaan lengkapnya.
  3. Membaca doa iftitah, namun ini sifatnya sunnah, namun lebih baik diucapkan sebelum membaca membaca al-fatihah dan setelah membaca al-fatihah, lalu bacalah salah satu surat pendek dalam Al-qur’an.
  4. Melakukan ruku’, I’tidal lalu sujud hingga salam membaca bacaan sholat pada umumnya.
  5. Sesudah salam disunnahkan untuk membaca wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, dan doa sholat tahajud.

Perlu diketahui bahwa Sholat tahajud memiliki jumlah rakaat yang tidak terbatas, dan minimal dilaksanakan sebanyak 2 rakaat dalam satu kali salam.

Niat Shalat tahajud

Radio Fajri

Seperti rukun pertama dari shalat tahajud sendiri yakni niat. Berikut ini adalah bacaan niat shalat tahajud beserta tulisan Arab dan latin, sekaligus artinya :

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Tulisan latin: USHOLLI SUNNATAN TAHAJUDI ROK’ATAAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TAA’ALA

Artinya: Aku shalat sunah tahajud 2 rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’aala.

Niat shalat tahajud masih tergolong pendek dan juga mudah dihafal. Kalau bisa, hafalkanlah niat shalat tahajud dan usahakan istiqomah mengerjakannya, keutamaan dan fadhilahnya akan luar biasa untuk anda sekalian.

Keutamaan shalat Tahajud

Sesawi. Net

Apapun yang diperintahkan oleh Alloh SWT, pasti memiliki hikmah dan juga keutamaan yang luar biasa, begitu juga dengan sholat tahajud ini. Terdapat banyak hikmah dan keutamaan di dalam salat tahajud seperti dikabulkannya doa-doa kita, memperoleh tempat yang terpuji di sisiNya, dan dijanjikan surga bagi orang-orang yang istiqomah melaksanakan sholat tahajud. Jadi, berikut ini adalah manfaat-manfaat lain dari sholat tahajud yang anda dapatkan, jika melaksanakannya :

  1. Termasuk Hamba yang Bersyukur 

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah radhiallahu anhuma, ia berkata : Apabila Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam melaksakan sholat, beliau berdiri hingga kedua telapak kaki beliau bengkak.

Kemudian Aisyah bertanya kepada rasululloh : Mengapa engkau melaksanakan semua ini padahal Allah SWT memberikan ampunan kepadamu terhadap dosa-dosa yang telah lalu maupun yang akan datang? Kemudian beliau Rasulullah SAW menjawab: Apakah tidak boleh bila aku termasuk hamba yang bersyukur?

Kemudian Ibnu Baththal memiliki pendapat bahwa hadits ini mengandung pelajaran “seorang mukmin harus bersungguh-sungguh dalam melakukan ibadah, walaupun hal itu membahayakan dirinya, ini seperti yang rosululloh SAW contohkan dimana ia tetap beribadah meskipun telapak kaki beliau bengkak”.

Padahal faktanya, dosa-dosa beliau sudah diberikan ampunan oleh Alloh SWT. Namun, beliau tetap melaksanakan sholat tahajud karena atas dasar bersyukur kepada alloh swt.

  1. Dimasukkan ke Dalam Surga

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Salam. Orang-orang yang gemar melaksanakan sholat tahajud akan mudah masuk kedalam surga.

Dari Abdullah bin Salam, dia berkata : Rasulullah SAW bersabda “, Sebarkanlah salam, berikan makan orang-orang yang membutuhkan, sambunglah silaturahmi dan juga sholatlah dimalam hari, saat orang lain sedang tidur, niscaya kalian akan dimasukkan kedalam surge dengan selamat (HR At-tirmizi)

  1. Menghilangkan dan Terhindar dari Penyakit
MulaiSehat.com

Manfaat selanjutnya adalah sholat tahajud dapat membuat tubuh anda lebih sehat. Hal tersebut sudah banyak diteliti oleh para ilmuwan modern. Selain secara hasil penelitian ilmiah, hal itu juga didukung oleh hadits yang menjadi landasan dari penelitian ini.

Kemudian menurut sains pengobatan, bahwasanya logikanya jika kita melaksanakan sholat tahajud, kita akan menghirup oksigen diatmosfer bumi sekitar pukul 03.00 hingga terbit matahari, sehingga hal itu akan melancarkan peredaran darah didalam tubuh kita dan oksigen akan hilang dari atmosfer bumi selepas matahari terbit.

Ditambah lagi dengan Salman Al Farisi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: Hendaklah kalian melaksanakan sholat malam, sebab sholat malam merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, pendekatan diri kepada Allah, penebus dosa, dan mengusir penyakit dari tubuh {HR. At Tirmidzi dan  At Thabrani}

  1. Sholat Tahajud Merupakan Pintu Kebaikan

Seorang Muadz bin Jabal pernah bertanya sesuatu hal kepada rosululloh: Wahai Rasulullah, beritahukan kepadaku perbuatan yang bisa memasukkan aku kedalam surga dan juga menjauhkan aku dari neraka?

Lalu, pada saat itu juga rosululloh menjawab”, Sesungguhnya kamu bertanya mengenai sesuatu yang berat Muadz, namun hal tersebut mudah untuk orang yang mendapat kemudahan dari Allah SWT, kamu menyembah Allah tanpa menyekutukan-nya, melaksanakan shalat, membayar zakat, berpuasa pada bulan Ramadhan dan berhaji ke Baitullah jika engkau mampu. Rosululloh lalu bertanya: Maukah aku tunjukkan kepadamu pintu-pintu kebaikan? Yakni Puasa merupakan perisai, sedekah yang menghapuskan dosa seperti air mematikan api, dan sholat di malam hari.

Dari jawaban rosululloh diatas, membuktikan bahwa sholah tahajud atau sholat malam termasuk salah satu kategori perbuatan yang akan membuat seorang muslim masuk surga dan menjauhkan dirinya dari api neraka. Semoga kita adalah salah satunya. Amien.

  1. Menghapus Dosa dan Mencerahkan Jiwa
Dream.com

Seorang Ibnu Al Hajjaj mengungkapkan bahwa ada banyak manfaat dari sholat tahajud itu sendiri diantaranya adalah menghapus dosa, semisal angin yang menggugurkan daun-daun dari pohonnya. Selain itu sholat malam juga bisa mencerahkan hati, menenangkan jiwa, membuat wajah bersinar, mencegah rasa malas, dan juga menyehatkan badan orang yang melaksanakan salat tahajud.

Asal tahu saja, jika seseorang melakukan sholat malam, maka orang tersebut akan menjadi titik fokus pandang para malaikat di langit, para malaikat langit selalu mengawasinya. perumpamaan bintang yang menerangi para manusia yang ada di bumi. Bahkan seorang muslim yang melaksanakan salat malam, akan senantiasa memperoleh keberkahan cahaya dan balasan dari Allah SWT yang tak terduga dan tidak dapat dibayangkan.

  1. Sholat Tahajud Seperti Melakukan Sedekah secara Sembunyi-sembunyi

Riwayat Dari Abdullah Bin Mas’ud, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: Keutamaan shalat pada malam hari daripada shalat di siang hari yang seperti keutamaan sedekah secara sembunyi sembunyi daripada sedekah secara terang-terangan (HR. Ibnu Mubarok dan At Thabrani)

Keistimewaan Sholat Tahajud

Al Kifah al tsaqafy

Sudah selesai kita bahas keutamaan dan juga manfaat daripada shalat tahajud atau shalat malam. Lalu kita juga harus tahu apa sih keistimewaan dari shalat tahajud ini dibandingkan shalat-shalat yang lainnya? Berikut adalah keistimewaan dari shalat sunnah tahajud :

  1. Sholat Tahajud Merupakan Sifat Orang-orang yang Bertakwa dan juga Calon Penghuni Surga

Hal ini dibuktikan  dengan firman Allah dalam Al-quran surat Az Zariyat ayat 15-18 :

Yang Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada didalam taman-taman surga dan mata air, (15) Mereka mengambil apa yang diberikan tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka itu di dunia adalah orang-orang yang telah berbuat baik, (16) Mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam (17) Dan pada akhir malam mereka memohon ampunan kepada Allah (18).

Menurut Al Hasan Al bashri terkait dengan ayat ini bahwasanya ayat ini membuktikan mereka dengan sengaja melaksanakan sholat tahajud atau sholat malam, sehingga mereka hanya tidur sebentar saja, karena mereka menghidupkan malam hingga menjelang subuh dan mereka juga memperbanyak istighfar (Ampunan kepada Allah SWT) pada waktu sahur.

  1. Perbedaan seorang Mukmin yang Melakukan Sholat Tahajud dan yang Tidak Melaksanakannya

Seperti firman Allah SWT didalam Q.S  Az Zumar ayat 9 :

Yang artinya: Apakah kamu termasuk orang musyrik yang lebih beruntung ataukah orang yang beribadah pada waktu malam dengan sujud dan juga berdiri, sebab takut kepada azab akhirat dan mengharap Rahmat Tuhannya? Katakanlah: “Apakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?” Sebenarnya hanya orang yang berakal sehat dan dapat menerima pelajaran.

Dari ayat diatas dijalankan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara orang yang menjalankan sholat tahajud dan dengan yang tidak. Seperti perumpamaan, orang yang melaksanakan sholat tahajud artinya orang yang tahu dan sadar sedangkan yang tidak melaksanakan tahajud adalah orang-orang yang tidak berpikir dan juga tidak dapat menerima pelajaran, karena mengingat sholat tahajud memiliki manfaat dan keutamaan yang luar biasa dan allah SWT menjanjikan surga dan menjauhkan mukmin yang sholat tahajud dari panasnya api neraka.

3. Sholat Tahajud Adalah Sholat Sunnah yang Paling Baik

Ternyata, sholat tahajud adalah sholat sunnah yang paling baik. Apa buktinya? Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam :

Yang Artinya: Sebaik-baik puasa Setelah puasa ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram dan sebaik-baik salat setelah salat fardu adalah salat tahajud atau Lail.

Sedangkan Imam an-nawawi RA menyatakan bahwa dalil tersebut menjadi landasan para ulama bahwa shalat sunnah pada malam hari faktanya memang lebih baik dibandingkan salat sunah pada siang hari.

  1. Sebaik-baik Manusia Yakni Orang yang Melakukan Sholat Tahajud (Lail)

Mengingat rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pernah berkata berkaitan dengan Abdullah bin Umar :

Artinya: Sebaik-baik orang adalah Abdullah, seandainya saja ia mau melaksanakan sholat malam. Salim mengatakan sesudah dikatakan seperti ini Abdullah bin Umar tidak pernah lagi tidur pada waktu malam kecuali sebentar.

Disimpulkan bahwa seberiman-imannya seorang mukmin dan sebaik-baiknya ia beramal, maka akan sangat disayangkan jika ia tidak melaksanakan shalat tahajud (lail).

Waktu yang Paling Afdhol untuk Melakukan Shalat Tahajud

Radio Fajri

Sudah dibahas terkait beberapa waktu pelaksanaan sholat tahajud, nah apakah kalian tidak bertanya-tanya waktu mana yang paling utama dilaksanakannya sholat tahajud? Nah, inilah waktu yang paling utama dan afdhol untuk melakukan salat tahajud :

Faktanya adalah waktu yang paling afdhol untuk melakukan salat tahajud adalah di sepertiga malam terakhir.

Dari Abu Hurairah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: Kami tabaraka Wa Ta’ala akan turun setiap malamnya ke langit, dunia saat tersisa sepertiga Malam Terakhir.

Dari Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: Sesungguhnya puasa yang paling disukai di sisi Allah adalah puasa Daud dan sholat yang paling disukai oleh Allah adalah sholatnya Daud Alaihissalam yang tidur pada sebagian malam dan juga bangun di sepertiga malam terakhir dan beliau tidur di seperenam malam dan beliau berpuasa sehari dan berbuka di hari lainnya.

Aisyah Ummul Mukminin pernah ditanya tentang sholat malam yang dilaksanakan oleh Rasulullah SAW. Aisyah menjawab: Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam biasa tidur di awal malam dan bangun di akhir malam. Kemudian beliau sholat, setelah sholat, Beliau baru kembali ke tempat tidurnya sampai terdengar suara muadzin, barulah beliau bangun kembali. Apabila mempunyai hajat, beliau mandi dan bila tidak, beliau berwudhu lalu segera keluar.

Itulah sudah kita bahas tuntas terkait dengan niat shalat tahajud, tata cara, manfaat dan keutamaannya. Semoga artikel ini tidak hanya menambah pengetahuan, tetapi juga menambah motivasi kita untuk senantiasa menyempurnakan ibadah kita disisi Alloh SWT. Selamat menjalankan shalat tahajud.

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here