Bagi orang yang mengalami gangguan pada jantungnya, maka akan ditangani oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah. Dokter dengan spesialisasi tersebut memiliki keahlian yang cukup spesifik untuk mengobati berbagai penyakit yang berkaitan dengan gangguan jantung maupun kardiovaskuler. Berikut penjelasan lengkapnya!

 

Tindakan Yang Dilakukan Oleh Dokter

cardiologists

Untuk melakukan pemeriksaan, dokter pada spesialisasi jantung akan melihat riwayat kesehatan pasien dan gejala yang dialami oleh pasien. Kemudian, dokter akan melakukan berbagai pemeriksaan fisik terhadap jantung. Ini dilakukan untuk mengevaluasi apakah terdapat gangguan pada organ bagian jantung.

Langkah selanjutnya, dokter akan menerjemahkan hasil analisa dan memastikan diagnosis. Untuk itu, dokter akan menyarankan pemeriksaan lebih lanjut, seperti elektrokardiogram, Rontgen, MRI, Ekokardiogram, stress test, dan tes darah. Prosedur tersebut dianjurkan untuk pasien sesuai kondisi dan keluhan yang dialami.

Jika dokter telah menentukan diagnosis yang tepat, maka dokter spesialis jantung akan memberikan saran lebih lanjut untuk penanganan. Tujuannya untuk mengobati penyakit atau gangguan jantung yang diderita pasien. Pengobatannya bisa memanfaatkan obat obatan dan prosedur medis tertentu sesuai dengan hasil diagnosis.

Penanganan dengan pemberian obat obatan ini berguna untuk menstabilkan kondisi dan mengendalikan gejala dalam jangka panjang jika memungkinkan. Tak hanya dengan penanganan medis, pasien juga dianjurkan untuk menerapkan hidup sehat, seperti mengurangi stres, menjalani diet, serta rajin berolahraga untuk memperbaiki kondisi gangguan pada jantung.

Beberapa tindakan medis khusus lainnya yang dilakukan oleh spesialis jantung yaitu  kateterisasi jantung, angioplasti, dan angiografi. Tak hanya itu saja, dokter juga akan memberikan implan alat pacu jantung (pacemaker) atau bahkan Implantable Cardioverter Defibrillator yang akan ditanam di bagian dada atau perut.

Kompetensi dokter dalam spesialis jantung juga tak hanya berkaitan dengan penyakit jantung dan pembuluh darah jantung saja. Pasalnya, dokter juga akan mengatasi berbagai macam keluhan seperti penyakit pembuluh darah secara umum. Misalnya saja varises, penyakit arteri perifer dan trombosis pembuluh darah.

 

Waktu yang Tepat Untuk Memeriksakan Diri ke Dokter Jantung

Seperti yang sudah diketahui, penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian yang dapat dialami siapa saja. Maka dari itu, anda disarankan untuk segera memeriksakan diri ke spesialis jantung jika mengalami beberapa gejala berupa nyeri dada yang menjalar hingga ke dagu, punggung, tenggorokan, atau lengan.

Selain itu ada juga gejala lainnya berupa detak jantung yang tidak beraturan sesak nafas, mual, berkeringat, lelah yang tak tertahankan. Jika anda mudah lelah ketika melakukan aktivitas sehari hari, bisa jadi anda mengalami gangguan pada jantung. Lebih parahnya, jika anda merasakan pusing sampai pingsan, maka harus segera mengunjungi dokter spesialis jantung.

Jika merasakan gejala gejala yang sudah disebutkan sebelumnya, kemungkinan mengalami gangguan pada jantung. Jika tidak segera ditangani, serangan jantung bisa berisiko tinggi bagi kesehatan bahkan gagal jantung. Untuk itu, Heartology hadir sebagai klinik jantung dengan dokter dokter spesialis yang berpengalaman.