Sumber Makanan Menipis, Dinosaurus Lakukan Praktek Kanibalisme

Kanibalisme Dinosaurus
Kanibalisme Dinosaurus

PESAT.id – Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa hewan purba, Dinosaurus melakukan tindak kanibalisme. Sebelumnya memang sudah banyak terdengar teori Dinosaurus sebagai hewan kanibal dan memakan sesama, khususnya bagi jenis karnivora.

Dari penelitian terbaru akhirnya bukti kanibalisme tersebut terungkap. Arkeolog tersebut melihat fosil yang membuktikan hal tersebut.

Studi tersebut diterbitkan pada jurnal PLOS One, dengan hasil penelitian para ilmuwan dari fosil dinosaurus yang didapat di situs Mygatt-Moore Quarry, dekat dengan perbatasan antara Utah dan Colorado, Amerika Serikat.

Pada situs tersebut, ilmuwan berhasil mendapatkan ribuan fosil dinosaurus yang berumur sekitar 150 juta tahun lalu. Fosil Dinosaurus tersebut kebanyakan merupakan tulang dari jenis Apatosaurus dan Allosaurus.

Ilmuwan mendapati sekitar 2.368 tulang dinosaurus mendapat gigitan. Dari jumlah gigitan tersebut, 29 persen diantaranya dihasilkan oleh sesama dinosaurus tipe Theropod, jenis dinosaurus karnivora berkaki dua, termasuk T.Rex.

Sebagian tulang tersebut terdapat bekas gigitan dari Allosaurus, kerabat Tyrannosaurus Rex yang berukuran sedikit lebih kecil. Temuan baru ini menjadi dasar bukti bahwa adanya praktek kanibalisme diantara hewan pemangsa dinosaurus.

Meski begitu, terdapat juga bukti yang menunjukkan adanya gigitan pada bagian jari kaki, jari tangan, dan tulang belakang, bagian tubuh yang tidak memiliki banyak daging. Hal tersebut membuat ilmuwan spekulasi bahwa tindakan kanibalisme tersebut dilakukan karena kekurangan makanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here