Pemasangan alat pembangkit listrik tenaga surya memang menggiurkan. Sebab hanya dengan mengandalkan sinar matahari saja, Anda bisa mendapatkan pasokan energi listrik berkapasitas tertentu. Sayangnya pemasangan solar panel tidak dapat dilakukan sembarangan. Berikut beberapa persyaratan pemasangan solar panel yang perlu Anda ketahui.

 

Persyaratan Pemasangan Solar Panel

Syarat pemasangan solar panel yang pertama yakni memperhatikan lokasi pemasangannya sendiri. Umumya para teknisi akan memasang solar panel di bagian atap hunian. Sebab atap adalah bagian bagunan yang pertama kali terpapar oleh sinar matahari dan berhadapan langsung dengan langit cerah. Lokasinya yang strategis, membuatnya terpilih menjadi lahan instalasi solar panel.

Agar teknologi canggih tersebut dapat bekerja dengan optimal, otomatis penting untuk memperhatikan domisili Anda berada. Beruntungnya Indonesia termasuk salah satu negara yang berada dekat dengan garis khatulistiwa. Dengan kata lain, negara tropis satu ini mendapatkan asupan sinar matahari tercukupi setiap tahunnya.

Penting untuk memperhatikan arah atap menghadap, lokasi yang tepat untuk memasang sistem solar panel, dan tentu saja memperhatikan jarak antar panel ketika memasangkan panel utama listriknya. Ketiga hal penting ini harus menjadi bahan pertimbangan agar pembangkit listrik tenaga surya ini dapat bekerja dengan optimal.

Bukan hanya itu saja, pasalnya Anda juga perlu mempertimbangkan membeli solar panel berkualitas yang dibeli di toko terpercaya. Meski solar panel berkualitas dipatok dengan nilai jual yang cukup tinggi, namun hal tersebut sebanding dengan besarnya biasa yang harus dikeluarkan. Hal ini perlu dipertimbangkan daripada harus mengeluarkan anggaran lebih untuk membeli panel baru.

Jangan mudah terbuai dengan penawaran harga murah semata. Pasalnya pelanggan cerdas perlu memastikan jika toko tersebut turut menyediakan layanan pasca purna jual kepada seluruh pelanggannya. Toko terpercaya tentunya menyediakan layanan tersebut. Berkat adanya layanan khusus tersebut, pelanggan tidak perlu kerepotan saat terjadi kerusakan mendadak.

 

Tahap Pemasangan Solar Panel

Tidak Boleh Asal, Berikut Syarat Pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Pada awal tahapan pemasangan, para teknisi akan melakukan analisis terkait berapa banyak kebutuhan listrik para konsumen serta berapa banyak solar panel yang harus dipasang. Semakin besar kebutuhan, otomatis Anda harus memasang solar panel dalam jumlah lebih banyak. Dari hasil analisis tersebut, akan muncul berapa banyak biaya yang dibutuhkan hingga tagihan listriknya.

Selanjutnya teknisi mulai melakukan survei menuju lokasi pemasangan. Setelahnya para teknisi mulai eksekusi pemasangan pembangkit listrik tenaga surya berdasarkan kebutuhan pelanggan. Jangan lupa untuk menanyakan berapa besar anggaran untuk pemasangan panel surya agar tidak terjadi pembengkakan pengeluaran.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat diketahui bahwa solar panel tidak boleh dipasang dengan sembarangan karena dapat berakibat fatal terhadap diri Anda maupun orang di sekitar. Oleh sebab itu, proses instalasi hanya boleh dilakukan oleh para teknisi yang telah berpengalaman di bidangnya dan memahami seluruh kinerjanya.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan produk solar system terbaik di Indonesia, maka Anda bisa menggunakan produk dari SUN Energy sekarang juga. Hubungi tim SUN Energy guna memperoleh informasi lebih lanjut.