Ingin jual produk Tapi bingung harus memulainya dari mana? Tenang, kami akan bahas tips jual produk secara online untuk Anda.

Untuk Anda yang awam dan ingin masuk ke ranah bisnis online, entah mempunyai pengalaman berbisnis sendiri maupun tidak, terdapat beberapa tips yang mesti Anda perhatikan.

Tips disini sangat penting untuk diperhatikan serta di praktekkan, hal tersebut dikarenakan akan sangat berguna untuk bisnis online Anda. Berikut adalah tips jual produk secara online :

Tips Jual Produk Secara Online Untuk Pemula

Tips Jual Produk Secara Online untuk pemula

1. Persiapkan Mental

Persiapan mental ini sangat penting dilakukan, karena jika Anda berbisnis secara online dan belum memiliki penghasilan stabil maka Anda akan mengalami titik dimana Anda akan tidak dipercaya oleh keluarga maupun teman (jika sifat mereka kurang support).

Selain itu, persiapkan mental juga untuk menghadapi pembeli. Jika kita perhatikan, minat membaca di Indonesia sangat rendah, dalam 1000 orang di Indonesia hanya 1 orang yang gemar membaca.

Hal tersebut berpengaruh juga dengan pembelian produk, jangan heran jika Anda sudah menuliskan secara detail harga, deskripsi, manfaat produk, dll akan tetapi calon konsumen Anda tetap menanyakan ulang hal yang sudah ada di deskripsi.

Atau bahkan jika mereka sudah order produk, mereka tetap komplain kepada Anda karena tidak membaca deskripsi secara seksama.

Jadi bisnis online memiliki tantangan tersendiri, oleh karenanya persiapkan mental Anda sebelum terjun ke bisnis online.

 

2. Menentukan Produk Yang Hendak Dijual

Ada beberapa saran untuk Anda sebagai pemula dan belum tau produk apa yang ingin dijual, sarannya adalah:

  • Jual produk yang Anda sukai. Misal : Anda suka jam tangan merek X, ya sudah Anda jual saja. Ada kemungkinan banyak orang lain diluar sana yang memiliki selera yang sama dengan Anda.
  • Jual produk mengikuti trend. Jika Anda ingin memiliki produk yang mengikuti trend, maka pergerakannya akan sangat cepat sekali. Oleh karenanya, Anda harus siap dan cepat untuk menerima perubahan kapan pun waktunya.

 

3. Menyusun Strategi Bisnis

Tinggal pilih, Anda ingin jual produk secara online, offline, melalui channel apa dan bagaimana cara memasarkannya? Segera susun strategi bisnis yang tepat untuk Anda.

Atau jika Anda ingin lebih mantap lagi, Anda bisa mempelajari terlebih dahulu cara berbisnis yang ingin Anda masuki.

Karena, daripada Anda harus trial error dengan waktu yang lama, lebih baik Anda menukar waktu tersebut dengan belajar ke orang yang lebih ahli di bidangnya. Setelah itu, Anda tinggal ikuti wejangan dari mentor Anda tersebut.

 

4. Mencari Supplier Produk

Saat Anda ingin jual produk, tentu saja Anda akan membutuhkan produk yang akan dijual. PR paling pertama setelah Anda mengetahui produk yang ingin dijual, maka Anda harus memilih dan mencari supplier produk yang tepat.

Harap diperhatikan beberapa hal saat Anda memilih supplier, diantaranya sebagai berikut :

  • Lokasi supplier, harap perhatikan jarak supplier dengan lokasi Anda
  • Perhatikan harga, pilih lah supplier dengan harga terbaik dan juga kualitas produk terbaik. Hal tersebut agar konsumen pun puas dengan produk yang Anda jual.
  • Ketersediaan stok
  • Perhatikan apakah supplier responsive atau tidak saat Anda menghubungi mereka. Jika mereka enak diajak komunikasi, maka Ia bisa menjadi partner yang baik juga untuk Anda.

 

Itulah informasi mengenai tips jual produk secara online yang bisa Anda gunakan. Semoga bermanfaat dan tunggu informasi lainnya mengenai jual produk hanya di pesat.id